Pengikut

10 Maret 2009

Facebook yang Makin Meraja

Seperti yang dijanjikan pada siaran sebelumnya, tema siaran pada Selasa ini adalah pembahasan mengenai Facebook. Entah karena didengar oleh salah satu koran terkemuka di Bandung (duh terlalu berharap deh), pada selasa ini salah satu kolom remajanya menulis tentang Facebook sehalaman penuh.

Anggap kalo memang didengar ya, rasanya kerjaan memang terasa lebih berat hari ini. Khawatir bila yang dibahas juga didenger oleh mereka yang membaca koran Pikiran Rakyat edisi hari ini. Jadi terasa basi mungkin untuk mengungkap fakta-fakta berupa angka-angka statistik. Toh, beberapa diantaranya sudah bisa dilahap dalam bentuk koran.Tak perlu dipertegas dengan mendengarnya di radio.

Untungnya, ada beberapa pertanyaan yang masuk melalui sms menanyakan tentang facebook. Sesuatu yang tidak mereka dapatkan ketika ingin bertanya ke media berupa koran. Jadinya, satu jam siaran ini lebih sering membahas pertanyaan yang masuk. Baik berupa komparasi dengan jaringan pertemanan sejenis, friendster misalnya, atau fitur-fitur di facebook yang mulai menggerus kebiasaan kita berinternet.

Mikroblogging semacam twitter juga ditemui di facebook dalam bentuk Status. Milis yang biasa kita gunakan di yahoogroups mulai direngsek oleh keberadaan group di facebook. Hingga email yang mulai didominasi oleh kabar dari facebook. Seakan-akan inbox di email berisi sama dengan Inbox di facebook. Fitur-fitur tersebut kini makin banyak digunakan secara luas.

Bukan sekedar latah seperti friendster yang menyediakan media blog, facebook masih lebih halus dengan tak menyediakannya dengan nama atau subdomain khusus. Toh dengan Notes, kita masih bisa menuliskan pesan yang lebih panjang dibandingkan di Status. Mana disitu juga tersedia pilihan untuk berkomentar, mengirimkan artikel via email, atau mengirimkannya ke mesin technorati atau del.icio.us. Komplet kan?

Lalu kejutan apalagi yang sekiranya ditawarkan oleh Facebook yang meski baru berusia 5 tahun tanggal 4 maret kmarin namun sudah memiliki anggota sekira 150 juta di seluruh dunia ini?