Pengikut

02 Maret 2009

Kemal Stamboel, Sang Pakar Manajemen

Selalu ada hal positif mana kala ranah blog juga banyak diterjuni oleh para pakar. Tak harus pakar IT tentunya, karena meskipun internet memang kental oleh mereka yang menguasai teknologi, kini mulai banyak bermunculan pakar-pakar dunia offline di internet.

Salah satu yang kini rajin mengelola blognya adalah Kemal Stamboel. Mulai aktif ngeblog sejak 26 oktober 2008, beliau rajin menulis blognya dengan topik manajamen, ekonomi dan pendidikan. Topik yang masih sedikit diangkat oleh para blogger. Dan beruntunglah bila kita bisa banyak mendapatkan pencerahan baru dari ide-ide yang biasa beliau tuliskan di blognya.

Sebab sudah tak perlu lagi diragukan kompetensinya untuk menulis hal yang dinggap berat tadi. Pakar manajemenen ini pernah menjadi pebisnis berhasil, bahkan mantan Presiden Direktur PricewaterhouseCoopers Indonesia dan Country Leader PT IBM Indonesia ini dilantik Presiden menjadi Wakil Ketua Pelaksana Dewan Teknologi, Informasi dan Telekomunikasi Nasional (DeTIKnas). Di saat bersamaan, ia juga dipercaya untuk menjabat sebagai komisaris beberapa perusahaan BUMN dan Swasta. Sungguh suatu keberuntungan dunia blog makin dilengkapi dengan opini-opini yang langsung ditulis oleh mereka yang sudah pakar di bidangnya. Tak main-main kan jabatanya? sebuah jabatan yang strategis yang kadang kita sulit mengatahuinya bila kita tak mengenalnya melalui media blog.

Beliau bisa menulis mengenai Fenomena Obama dan Pilpres Indonesia hingga isu mengenai Irigasi dan Kelangkaan Pupuk Dikeluhkan Petani Banyuresmi. Cakupan yang berbeda topik ini dengan mudah bisa ditulis dengan gaya bertutur yang sederhana. Sedikit berbau editorial memang, mungkin ada tim yang turut membantu mempublikasikannya. Namun itu tak mengapa, karena memang untuk kapasitas beliau, harus ada tim yang mau membantu pekerjaannya mengurus blog ini.

Saat mengunjungi blognya, kita serasa memiliki teman berdiskusi yang mengasyikan. Suatu metode komunikasi yang lebih akrab. Karena tak perlu lagi bernegosisasi dengan urusan protokoler yang kadang merepotkan. Coba simak beberapa komentar yang singgah di http://www.kemalstamboel.com.