Pengikut

31 Maret 2009

Tebar Posting ke Facebook

Sebenernya ini langkah yang mudah. Karena hanya butuh alamat feed blog untuk memulai. Ini salah satu cara posting menyebar secara luas, lanjutan dari tulisan sebelumnya. Bagi yang belum tahu alamat feed blognya, bisa intip kode halaman blog di browsernya, misalnya dengan tekan Ctrl+U di Mozilla Firefox, dan cari bagian link rel="service.post" type="application/atom+xml" maka di bagian sebelah kanan akan muncul alamat feed Atomnya dengan formasi "http://www.blogger.com/feeds/[angka-unik-blog]/posts/default". Salin alamat tersebut dengan menekan tombol Ctrl+C.

Bagi yang menggunakan pengalihan alamat feed ke Feedburner, maka alamat feednya (selain di akun feedburner) juga bisa di cek di bagian Pengaturan-Feed Situs. Salin juga alamat ini bila ingin digunakan. Ingat ya, hanya salah satu alamat feed, bisa metode yang di atas, atau juga yang baru saja dituliskan. Sebab facebook juga hanya mampu menampung satu alamat blog untuk dipublikasikan.

Setelah mendapat alamat feed, masuk ke akun facebook, lalu perhatikan bagian bawah, dimana ada navigasi bantuan, dengan nama "Applications" berada di sebelah paling kiri. Cari ikon bernama "Notes", klik, dan cari tulisan "Notes Settings" di sidebar sebelah kanan.

Klik Import Setting untuk memulai, kemudian bubuhkan alamat feed blog yang telah kita salin sebelumnya. Jangan lupa untuk menyimpannya. Apakah perlu log in ke blogger untuk keperluan ini? tidak. Karena memang bukan hanya blog yang kita miliki yang bisa kita publikasikan di sini. Namun jelas pertimbangannya adalah, bila kita gunakan feed blog kita sendiri, maka secara otomatis apabila kita membuat posting maka akan segera tersiar di halaman facebook sendiri. Tak perlu menuliskan secara ulang.

Satu-satunya yang terlihat kurang "pantas" disini adalah, posting yang ditayangkan dari blog kita akan disesuaikan dengan "Umpan Entri Blog" di bagian Pengaturan di blogspot. Bila kita setel singkat, maka akan ditayangkan secara singkat pula. Tanpa ada link untuk meneruskan membaca penuh di dalam facebook. Dan memang tak ada pula alamat link blognya di posting yang bisa dilihat disini. Jadi wajar saja bila banyak yang memilih untuk menuliskan secara manual posting blog di facebook.

Penting mana, langkah praktis atau butuh link blognya dimuat lengkap di facebook ?