Pengikut

01 April 2009

Lomba Blog Sepi?

Pernah baca ada suatu lomba blog yang sepi peminat dan ditengarai pernyebabnya adalah karena terlalu banyak lomba serupa yang tengah berlangsung? Mungkin terdengar aneh ya? Dari sekian banyak blog di Indonesia, mengapa masih kalah jumlah untuk mengikuti sekian banyak lomba blog yang tersedia.

Tapi berita ini secara resmi pernah diberitakan dari detikinet kmarin. Lomba blog yang dimaksud adalah lomba Blog Kebahasaan dan Kesastraan 2009 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Bandung. Tak tanggung-tanggung, hadianya total sejumlah Rp. 15 juta!

Jumlah yang tak sedikit untuk sebatas lomba menulis lewat blog!. Lalu kejanggalannya dmana ya, bisa menyebabkan hal ini. Di bagian akhir artikelnya disebutkan, bahwa phanya diwajibkan mendaftar sebagai peserta dan mencantumkan button Balai Bahasa Bandung secara permanen pada blog yang didaftarkan. Artikelnya pun bebas, bisa tentang bahasa, satra atau bahkan puisi!.

Mungkin yang paling dikhawatirkan calon pesertanya adalah embel-embel Bahasa dan Sastra. Bayangan awalnya mungkin berarti : kita harus menulis secara baku dan benar, baik penulisan, kosakata dan juga metode EYD yang kadang kita sering melupakannya.

Ngeblog memang sering dibawa mudah dengan penulisan kata-kata verbal ke dalam tulisan. Alasan praktis dan juga penyampaian yang lebih gampang menjadikannya sulit untuk diminta menulis secara baku. Tapi jelas acara seperti ini bagus untuk selalu mengingat akar budaya bangsa. Dengan pertimbangan agar Bahasa Indonesia masih bisa dikenali dengan baik oleh warganya, termasuk warga blogger yang komunitasnya ada di seantero nusantara.

Bagi yang tergerak untu mengikuti lomba ini, silakan berkunjung ke balaibahasabandung.Masih lama nih, hingga Oktober 2009.