Pengikut

Lomba Blog Sepi?

Pernah baca ada suatu lomba blog yang sepi peminat dan ditengarai pernyebabnya adalah karena terlalu banyak lomba serupa yang tengah berlangsung? Mungkin terdengar aneh ya? Dari sekian banyak blog di Indonesia, mengapa masih kalah jumlah untuk mengikuti sekian banyak lomba blog yang tersedia.

Tapi berita ini secara resmi pernah diberitakan dari detikinet kmarin. Lomba blog yang dimaksud adalah lomba Blog Kebahasaan dan Kesastraan 2009 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Bandung. Tak tanggung-tanggung, hadianya total sejumlah Rp. 15 juta!

Jumlah yang tak sedikit untuk sebatas lomba menulis lewat blog!. Lalu kejanggalannya dmana ya, bisa menyebabkan hal ini. Di bagian akhir artikelnya disebutkan, bahwa phanya diwajibkan mendaftar sebagai peserta dan mencantumkan button Balai Bahasa Bandung secara permanen pada blog yang didaftarkan. Artikelnya pun bebas, bisa tentang bahasa, satra atau bahkan puisi!.

Mungkin yang paling dikhawatirkan calon pesertanya adalah embel-embel Bahasa dan Sastra. Bayangan awalnya mungkin berarti : kita harus menulis secara baku dan benar, baik penulisan, kosakata dan juga metode EYD yang kadang kita sering melupakannya.

Ngeblog memang sering dibawa mudah dengan penulisan kata-kata verbal ke dalam tulisan. Alasan praktis dan juga penyampaian yang lebih gampang menjadikannya sulit untuk diminta menulis secara baku. Tapi jelas acara seperti ini bagus untuk selalu mengingat akar budaya bangsa. Dengan pertimbangan agar Bahasa Indonesia masih bisa dikenali dengan baik oleh warganya, termasuk warga blogger yang komunitasnya ada di seantero nusantara.

Bagi yang tergerak untu mengikuti lomba ini, silakan berkunjung ke balaibahasabandung.Masih lama nih, hingga Oktober 2009.



8 komentar:

  1. buttonnya tu lo di pasang permanen

    jadi males ikutin walau menggiurkan dan saya suka sastra walaupun ga' suka berat

    coba boleh dilepas klo lomba selesai

    BalasHapus
  2. wah info nih, tp ya btul kadang org seperti saya kesulitan (mngkin takut) bila harus menggunakan kalimat EYD yg benar. heuheu.. pdhal dah puluhan tahun tinggal di Indonesaia, kok takut ma bahasa sendiri. hahaha

    BalasHapus
  3. Numpang nanya, Apa kang Agus Hery mengikuti lomba ini...?

    By : Owner VitalySite Cafe

    BalasHapus
  4. wew.. coba cek tkp dulu mas..

    BalasHapus
  5. yah memang sih kadang posting diblog bahasanya bisa seenak-enaknya, dan bener juga bahasa EYD banyak orang yang uda lupa mungkin untuk cara penulisannya gimana.... tapi keknya bisa dicoba tuh buat ngasah bahasa EYD lagi....

    BalasHapus
  6. waduh ....
    repot bgt nulis pake EYD...
    ngga kbayang....
    pusing kali y...
    mnding krjain matematika daripada sastra Indonesia...
    saya jadi malu sbgai Orang Indonesia...
    Tapi tetep bangga donk...
    hehehehe :)

    BalasHapus
  7. bagus buat uji kemampuan berbahasa indonesia yang baik dan benar. secara tidak sadar sudah banyak bahkan lulusan perti yang mulai menggunakan bahasa indonesia dicampur dengan bahasa asing. mari kita budayakan budaya indonesia. bagaimana kang? penggunaan kalimat diatas sudah baik atau belum?

    BalasHapus
  8. That is true ,Succeed for you and TRY TO BETTER EARN RAISE SUCH MONEY FROM SITES THE ACTUAL IS VERY VERY EASY

    SUCCEED FOR U AND FOR ALL THE BLOGGING

    TKS
    SECRET METODE

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer