Pengikut

Tebarkan Posting Lewat Twitter

Kayaknya sekarang untuk mempublikasikan posting jauh lebih mudah dan banyak pilihan. Bukan publikasikan dalam arti klik tombol "Publish" atau "Terbitkan Entri" loh ya! tapi menyebarkan posting ke lebih banyak calon pembaca.

Coba cek deh, bagi yang suka main Twitter, kadang kita sering temukan kata-kata seperti "Barusan update blog : http://shortURL/abcdexx". Jadi alamat URL posting ikutan tersebar ke pembaca Twitter kita juga. Semakin bertambahlah angka-angka pengunjung blog kita dari kegiatan ini.

Itu bila kita yang melakukan publikasi tambahan lewat Twitter. Bagaimana bila kita biarkan pembaca yang tertarik dengan tulisan kita juga turut menyebarkan alamat URL tadi? jelas makin beruntun hasilnya.

Untuk itu, kita perlu tambahkan kode di dalam template blog agar muncul ikon Twitter dan bila diklik akan mengaktifkan tulisan pendek yang siap dikirim melalui Twitter.

Bagi pengguna Blogger, masuk ke bagian Tata Letak - Edit HTML, aktifkan/centrang Expand Template Widget, lalu ini nih bagian rada repot : mencari class post-footer (oh ya, ada baiknya template di back up agar lebih aman.) Bagi yang pernah pasang "Read More" di Blogger mungkin lebih mudah, karena kodenya berdekatan. Ok, setelah ketemu, salin kode berikut :

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<script charset='utf-8' src='http://bit.ly/javascript-api.js?version=latest&login=tweettrackjs&apiKey=R_7e9987b2fd13d7e4e881f9cbb168f523' type='text/javascript'/>
<script charset='utf-8' src='http://s.bit.ly/TweetAndTrack.js?v=1.01' type='text/javascript'/>
<a expr:onclick='"return TweetAndTrack.open(this, \"" + data:post.url + "\");"' href='#'>
<span style='display:none;'>Reading: <data:post.title/></span>Kirim Link ke Twitter</a>
</b:if>

Setelah itu Simpan.

Nah, asyik kan kalo makin banyak tulisan kita dipublikasikan teman-teman. Siapa bilang masih susah cari pembaca :D



29 komentar:

  1. Thanks mas Agus. Sepertinya lbh asik pakai cara ini daripada pakai tombol seperti onlywire, lbh leluasa :)

    skalian tanya mas, kalo untuk "share on facebook" gmana?

    BalasHapus
  2. Oh ya, mesti disebut juga ya Facebook. Lagi edan nih membernya skarang, mesti ikutan digerojoki posting blog nih :)

    BalasHapus
  3. wew.. kayanya saya harus coba juga nih he..he..

    BalasHapus
  4. Kang Agus, saya membuat kesalahan dengan sengaja ini:-( Karena itu saya minta maaf.
    ...Soalnya gak tau mau mau nanya kemana. Saya mau dapat link-back dari blognya kang agus ini. Gimana caranya ?
    Kalau bannernya Edittag udah lama saya pasang...
    Btw, saya selal ini cuma nyuri-nyuri ilmu aja di sini, gak pernah komen. hehehe
    Mohon jawabannya kang

    BalasHapus
  5. blognya sudah di tambahkan di blogroll blog ini. silakan dicek.

    BalasHapus
  6. sesuatu yang menarik menjadi hal yang menarik ketika kang agus menulis,,,,keep info

    BalasHapus
  7. wah gila gila keren banget nih twitter.... dicoba ah siap siap....

    BalasHapus
  8. lebih bagus lagi klo pke gambar..
    ntar aku modif gpp ya mas? :D

    BalasHapus
  9. waduh, kok ga bisa ya mas ya...

    The reference to entity "login" must end with the ';' delimiter

    ada solusi?

    BalasHapus
  10. mas edittag kok gabisa ya tolong diperinci donk di taruh di mana?

    BalasHapus
  11. Entah kapan baru akan datang selera daftar ke Twitter..??

    BalasHapus
  12. wah boleh juga nih caranya !

    BalasHapus
  13. tp di Twitter belum ada aplikasi pengubah link menjadi text gitu ya Pak Edi :(

    BalasHapus
  14. Wah makasih banyak nich mas agus atas ilmunya, Aku ngeblog karna buku mas Agus juga yang aku temuin di Gramedia, aku banyak belajar dari blog Mas Agus jg sekali lagi Thx 4 All.

    BalasHapus
  15. Blog yang bagus mas Agus. Selamat ya.. Salam dari
    http://jual-tanah-palembang.blogspot.com/

    BalasHapus
  16. wah boleh nih infonya,,baru kmrn2 denger ttg twitter...

    hoho

    BalasHapus
  17. Kang kalo ApiKeys-nya gak usah dirubah lagi kan, tinggal pake yang di atas ?

    Makasih jawabannya, saya langsung coba neeh :D

    BalasHapus
  18. Mantap infonya..

    Kang Agus saya sudah lama pasang banner edittag, saya juga pengen dapat linkback nih.. Bisa engga ya?


    Salam kenal ti abdi.

    BalasHapus
  19. nmapg nyuri ilmu neeh tapi koq ga berhasil ya knapa coba dunk lebih spesifik naronya prasaan dah bener tapi koq The reference to entity "login" must end with the ';' delimiter GIMANA DUNK.....^O^

    BalasHapus
  20. @muns : linknya mana ya?

    @banzai: kodenya ada yang ketinggalan, sudah coba lagi?

    BalasHapus
  21. malam mas,,,wach informatif banget content nya,,,
    saya jd ketagihan berkunjungnya,,
    oya,,boleh tukeran link kan mas,,
    ini link saya http://www.blogdrenalin.blogspot.com
    makasih ya mas,,moga content nya makin lebih menarik,,,

    BalasHapus
  22. ok, aku dah cek blognya, silakan kalo mau tuker link, nanti akan di pasang di blogrollnya.

    BalasHapus
  23. Mas ko aku ga bisa yah..
    bisa di perjelas ga kodenya ditaruh dimana

    BalasHapus
  24. di bagian class post-footer. ada?

    BalasHapus
  25. Di CSS saya kodenya seperti ini, harus dimana menyimpan kodenya?



    div class='post-footer'
    div class='post-footer-line post-footer-line-1'

    div class='post-footer-line post-footer-line-2'

    div class='post-footer-line post-footer-line-3'
    div
    div

    BalasHapus
  26. kodenya bener? ada dua div di belakang? pake layout dari mana nih?

    BalasHapus
  27. tdr diri hari rupanya membawa berkah tersendiri,,,
    mengikuti blog anda malah g jd ngantuk2
    makasih infonya,lgs sy coba

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer