Pengikut

30 April 2009

Blog Jualan Jadi Bintang Tamu di Radio

Selasa lalu, saat edittag kebagian jadwal mengisi acara Bandungers Blogger, edittag sengaja mengajak bintang tamu. Tentu tamunya masih juga adalah blogger. Hanya saja ada embel-embel lain, dia adalah blogger pemula yang terbilang "nekat" menggunakan blog sebagai etalase dagangannya.

Ini jelas patut dipuji. Undangann siaran bareng ini juga punya motivasi terpendam, agar para pendenger radio makin mengetahui fungsi blog. Bukan hanya itu saja, namun juga memotivasi mereka agar mau melakukan hal yang serupa bila mereka punya pikiran untuk berjualan online.

Bintang tamu ini, sebut saja achie, baru sebulan ini mengenal blog. Namun ini juga tak menyurutkan langkahnya untuk memutar arah haluan untuk sekaligus menggunakannya sebagai media yang lebih serius. Tak mau sekedar ikutan ngeblog karena sebatas curhat, echie akhirnya memajang beberapa barang dagangannya di blog yang dikelolanya.

Ini terbilang langkah yang cukup berani. Biasanya blogger pemula masih menemui hambatan teknis saat mengelolanya. Seakan tak melihat beberapa hambatan yang ditemui, achie langsung mencoba peruntungan dengan "nekat" membuka gerai online. Padahal saat memutuskan tindakan ini, echie juga belum memikirkan mengenai cara melayani pembayaran, mengabarkan stok barang, menata produk dengan jenis tertentu ke dalam satu kategori agar memudahkan pencarian, dan sebagainya.

Blog memang salah satu media mudah untuk menyalurkan niat membuka gerai jualan di internet. Lihatlah beberapa blog yang kini sudah berubah wujud menjadi tempat jualan. Tak sedikit, bahkan bisa dibilang ramai.

Salah satu yang menjadi perbincangan malam itu adalah bagaimana mempromosikan blog agar makin mudah dikenal dan dikunjungi. Mempromosikan ini berati dua hal, yakni mempromosikan produk dan juga blog yang dikelola. Jelas bukan 2 pekerjaan yang mudah dan bisa dilakuikan secara instan. Tapi bersyukurlah ada beberapa media pembantu yang kini juga populer untuk keperluan itu, Twitter dan Facebook.

Jadi, semoga saja obrolan malam itu bisa banyak menginspirasi pendengar tentang dunia internet. Untuk mendangarkan acara ini, bagi warga bandung, cukup panteng 95,2 FM setiap Selasa jam 19.00-20.00. Sampe ketemu lagi!