Pengikut

06 April 2009

Perbedaan Open ID dan Anonym

Ada pertanyaan yang menggelitik saat ada pengunjung blog ini yang tak bisa menorehkan komentar dengan sukses. Curiga karena komentarnya tak kunjung masuk, lalu pertanyaan (lebih pantesnya sih tuduhan), bahwa template blog edittag rusak.

"Wah kang, kayaknya templatenya rusak nih, masak mau nulis komentar pake alamat URL aja ko ga bisa masuk-masuk!"

Secara blog ini memang menggunakan template bukan baku bawaan Blogger, awalnya sih memang curiga bila tiba-tiba bermasalah karena kesalahan teknis. Setelah di longok beberapa saat, (dan sambil terus chatting dengan si penanya), akhirnya muncul satu petunjuk kuat, bahwa hal ini bukan disebabkan karena template yang salah, namun pemahaman yang masih simpang siur.

Pemahaman yang dimaksud adalah perlakuan akan sesiapa saja yang bisa menuliskan komentar di blog ini. Sang Penanya terbiasa cukup menuliskan nama dan alamat URL blognya bila menuliskan komentar, sedang blog edittag ini, hanya mengijinkan pengguna terdaftar saja yang diijinkan menulis komentar. Apakah ada perbedaan?



Tentu, selain Pengguna terdaftar, blogspot juga menyediakan pilihan anonym atau siapa pun dalam konfigurasi komentar. Hanya dalam pengisian kolom komentar, keduanya hampir serupa (ini yang menyebabkan penanya masih yakin bahwa template edittag yang berulah :D). Untuk apa edittag hanya mengijinkan Pengguna Terdaftar, ini hanya pertimbangan sederhana. Agar sang pemberi komentar memang mereka yang terbukti memiliki akun / blog tersebut. Ini juga agar lebih mudah berkomunikasi bila nantinya ada peranyaan di komentar yang kiranya membutuhkan jawaban langsung ke blog milik sang penulis komentar.


Hal yang tentunya akan sulit dilacak apabila kolom ini dibiarkan anonym. Karena bisa jadi mereka denga sengaja menuliskan blog yang bukan miliknya. Lalu bila ada yang menuliskan alamat blognya adalah pemilik blogkeren.com (yang kalau dibuka isinya cuman iklan melulu), pasti bakal kelabakan deh edittag menjawabnya :D