Pengikut

Perbedaan Open ID dan Anonym

Ada pertanyaan yang menggelitik saat ada pengunjung blog ini yang tak bisa menorehkan komentar dengan sukses. Curiga karena komentarnya tak kunjung masuk, lalu pertanyaan (lebih pantesnya sih tuduhan), bahwa template blog edittag rusak.

"Wah kang, kayaknya templatenya rusak nih, masak mau nulis komentar pake alamat URL aja ko ga bisa masuk-masuk!"

Secara blog ini memang menggunakan template bukan baku bawaan Blogger, awalnya sih memang curiga bila tiba-tiba bermasalah karena kesalahan teknis. Setelah di longok beberapa saat, (dan sambil terus chatting dengan si penanya), akhirnya muncul satu petunjuk kuat, bahwa hal ini bukan disebabkan karena template yang salah, namun pemahaman yang masih simpang siur.

Pemahaman yang dimaksud adalah perlakuan akan sesiapa saja yang bisa menuliskan komentar di blog ini. Sang Penanya terbiasa cukup menuliskan nama dan alamat URL blognya bila menuliskan komentar, sedang blog edittag ini, hanya mengijinkan pengguna terdaftar saja yang diijinkan menulis komentar. Apakah ada perbedaan?



Tentu, selain Pengguna terdaftar, blogspot juga menyediakan pilihan anonym atau siapa pun dalam konfigurasi komentar. Hanya dalam pengisian kolom komentar, keduanya hampir serupa (ini yang menyebabkan penanya masih yakin bahwa template edittag yang berulah :D). Untuk apa edittag hanya mengijinkan Pengguna Terdaftar, ini hanya pertimbangan sederhana. Agar sang pemberi komentar memang mereka yang terbukti memiliki akun / blog tersebut. Ini juga agar lebih mudah berkomunikasi bila nantinya ada peranyaan di komentar yang kiranya membutuhkan jawaban langsung ke blog milik sang penulis komentar.


Hal yang tentunya akan sulit dilacak apabila kolom ini dibiarkan anonym. Karena bisa jadi mereka denga sengaja menuliskan blog yang bukan miliknya. Lalu bila ada yang menuliskan alamat blognya adalah pemilik blogkeren.com (yang kalau dibuka isinya cuman iklan melulu), pasti bakal kelabakan deh edittag menjawabnya :D



23 komentar:

  1. waa infonya menarik mas, sukses yaa mass

    BalasHapus
  2. supaya terdaftar gimana?

    BalasHapus
  3. terdaftar dimana mas Ihsan?

    BalasHapus
  4. Anonim3:56 AM

    Nice!... :)

    BalasHapus
  5. wah, bener juga ya..

    masalahnya pengunjung blog saya tu banyak juga yang tidak punya blog. jadi daripada sepi komentar ya biar gitu aja lah :D
    tapi tidak disarankan pakai anonymous

    *baru ngeh tadi title blognya "mengedit itu mengenyangkan" bukan "menyenangkan". kapan gantinya mas?

    BalasHapus
  6. jiakakakak....ada-ada aja.... :D

    BalasHapus
  7. mantap...
    mengenyangkan ternyata,
    maaf mas yak sebelumnya,
    bisa minta tolong gak mas,
    tolong donk blog saya di licnkback,
    sebelumnya saya udah pasang link blog mas di blogsaya,
    tolong ya mas ya,
    hehehe..
    maaf ngerepoting,

    thank before !!!

    BalasHapus
  8. @mardee : sejak awal edittag memang nulisnya mengenyangkan loh!

    @moenthe carlo : siap, segera di link! bdg juga ya!

    BalasHapus
  9. Anonim8:14 AM

    saya akhirnya ngerti juga nih soal openID. Thanks mas artikelnya. berguna banget buat newbie kayak saya. btw, boleh backlink ke blog saya gak? thanks untuk yang kedua kalinya. :D

    BalasHapus
  10. Oh gitu yah, berarti saya sudah terdaftar dong? jadi bisa ngasih comment kapan saja?

    BalasHapus
  11. @komunitas-super: silakan, nanti akan saya baclink ya

    @abdan : monggo, kapan saja, 247!

    BalasHapus
  12. Wah...infonya keren s'x...bru tau saya...

    BalasHapus
  13. Anonim10:01 AM

    Maaf ini komen yang pertama. Ternyata kunjungi pertama ini emang memuaskan bagi saya. Artikel anda sangat menarik. Blog ini masti sering aku kunjungi. Oya, blog ini sudah aku link di blogku lho. Kalau tidak percaya cek sendiri di berbagiilmuinternet.blogspot.com. Ditunggu link baliknya ya

    BalasHapus
  14. makasih linknya, tapi saya cek link tujuannya ke lebihan http://, jadi malah http://http//edittag.blogspot.com.

    BalasHapus
  15. http://penalovekertas.blogspot.com/ tolong di masukkan dala daftar link nya ya.Sayamen jadi reader blog ini

    BalasHapus
  16. Anonim12:08 PM

    tengkyu mas penjelasannya.
    baru ngerti nih

    BalasHapus
  17. Salam...
    isi artikelnya bagus-bagus...kalau boleh saya tanya bisakah tunjukkan kepada saya bagaimana caranya membuat TAG CLOUDS sperti pd blog rekan2 yang lain..saya sdh coba kirim pesan melalui blog mereka tapi masih belum di tanggapi...please

    salam
    Yos
    yosaadi@gmail.com

    BalasHapus
  18. Mas gimana kalo misalnya saya pemilik blog ada di hosting lain ? ( bukan di blogspot, wordpress atau sejenisnya )

    BalasHapus
  19. bisa mas, daftarkan di myopenid.net, nanti akan mendapatkan link untuk alamat url yang didaftarkan.

    BalasHapus
  20. @yos : tag cloud yg gimana nih? coba kasih url blognya ya

    BalasHapus
  21. Anonim10:14 AM

    heeh, masih banyak yang gak ngeh tentang Open ID

    BalasHapus
  22. infonya berguna bngt mas....thank yup secara dah mbulet2 apa mksudnya open id....

    BalasHapus
  23. kadang memang jalan tuh mesti muter2 dulu biar apal ke tujuannya :D

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer