Pengikut

30 Juni 2009

Googlepages Bermigrasi ke Googlesites

Ada berbagai keuntungan menyimpan file (hosting) di Googlepages. Selain karena pertimbangan utama yakni tak berbayar (gratis) faktor terkuat lainnya adalah kemudahan upload (unggah) file. Hal ini juga didukung dengan server googlepages yang masih milik Raksasa Google. Jadi saat kita memiliki blog di blogspot yang notabene masih menginduk ke Google, pemanggilan file di googlepages juga lebih stabil. Jarang sekali googlepages dalam keadaaan gagal akses.

Namun, beberapa saat lalu, google memang mengabarkan isu yang kini memang sudah mendekati kenyataan. Mereka akan meniadakan layanan googlepages dan menggantinya dengan layanan yang sudah ada, googlesites. Apa perbedaan yang membuat kita mesti bersiap-siap beralih (secara paksa) ke layanan baru?

- Tak mendukung hosting file berjenis JS (javascript) dan CSS (Cascading Style Sheet)

Meski hanya 2 file ini yang tak didukung, namun kabar ini justru paling vital. Tak sedikit para pembuat layout atau template blogger yang menyimpan file berjenis gambar, dan juga CSS ke googlepages. Dengan dialihkannya dukungan ini maka file kita yang ada di googlepages dengan ekstensi .js maupun .css akan hilang begitu saja saat migrasi dilakukan.

Migrasi yang dimaksud disini adalah migrasi otomatis, dimana meski kita acuhkan untuk berpindah secara manual, maka file-file kita akan dikumpulkan ke dalam direktori terpisah, minus file-file yang tidak didukung tadi (css dan js).

Jadi, segera back up dan unduh file tersebut dan pindahkan ke hosting lain.

Posting terkait :
- Upload favicon ke googlepages.