Pengikut

Googlepages Bermigrasi ke Googlesites

Ada berbagai keuntungan menyimpan file (hosting) di Googlepages. Selain karena pertimbangan utama yakni tak berbayar (gratis) faktor terkuat lainnya adalah kemudahan upload (unggah) file. Hal ini juga didukung dengan server googlepages yang masih milik Raksasa Google. Jadi saat kita memiliki blog di blogspot yang notabene masih menginduk ke Google, pemanggilan file di googlepages juga lebih stabil. Jarang sekali googlepages dalam keadaaan gagal akses.

Namun, beberapa saat lalu, google memang mengabarkan isu yang kini memang sudah mendekati kenyataan. Mereka akan meniadakan layanan googlepages dan menggantinya dengan layanan yang sudah ada, googlesites. Apa perbedaan yang membuat kita mesti bersiap-siap beralih (secara paksa) ke layanan baru?

- Tak mendukung hosting file berjenis JS (javascript) dan CSS (Cascading Style Sheet)

Meski hanya 2 file ini yang tak didukung, namun kabar ini justru paling vital. Tak sedikit para pembuat layout atau template blogger yang menyimpan file berjenis gambar, dan juga CSS ke googlepages. Dengan dialihkannya dukungan ini maka file kita yang ada di googlepages dengan ekstensi .js maupun .css akan hilang begitu saja saat migrasi dilakukan.

Migrasi yang dimaksud disini adalah migrasi otomatis, dimana meski kita acuhkan untuk berpindah secara manual, maka file-file kita akan dikumpulkan ke dalam direktori terpisah, minus file-file yang tidak didukung tadi (css dan js).

Jadi, segera back up dan unduh file tersebut dan pindahkan ke hosting lain.

Posting terkait :
- Upload favicon ke googlepages.


7 komentar:

  1. kasih solusi juga donk mas agus.. dimana ada tempat penyimpanan yg gratis (lagi) :D

    kalo pindah ke bravehost bisa ga mas?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. sebenarnya bisa juga di bravehost, atau juga di free hosting terutama yang menyediakan layanan FTP, agar proses uploadnya praktis.

    BalasHapus
  4. kalau di tinypic.com bisa ga

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. iya ya,knp google malah menghilangkan kemudahan tsb...apa googlenya udh upperload ya...
    tau dah

    salam
    by yosaadi.blogspot.com

    BalasHapus
  7. @ Yos : biasanya sih pertimbangan efisiensi, site dan pages punya manfaat yang sama, pertimbangan lain, pages memang terlalu terbuka, membebaskan semua jenis file untuk diupload, ini juga terlalu "memberatkan" untuk dikelola.

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer