Pengikut

23 Juni 2009

Ukuran Font Diperkecil di Adsense

Sudah coba mengganti ukuran atau jenis font buat tampilan iklan Adsense-mu? Bila sudah, kini ukuran font yang tadinya medium kini dijadikan ukuran terkecil dalam setingan font secara default. Bila belum pernah? wah, jangan kalah sama Google Adsense nih, yang minggu-minggu ini aktif untuk melakukan penyetelan ulang.

Untuk melakukan penggantian ukuran, maupun jenis font, bisa kita lakukan dengan cara seperti biasa saat melakukan Manage Ads di bagian bawah panel AdSense Setup. Ini terutama buat mereka yang baru membuat ad unit. Untuk mereka yang sudah membuat ad unit lalu ingin mengganti ukuran saja, bisa masuk di bagian Ad Display Preference di bawah tab My Account.


Untuk jenis font yang digunakan, selain font bawaan atau default, ada 3 yang bisa digunakan, yakni Arial, Times dan Verdana. Seakan ini adalah petunjuk, bahwa font jenis tersebut adalah yang paling sering digunakan oleh platform blog. Dan tentu saja, bagi kita, ini juga bisa kita gunakan apabila kita ingin menyesuaikan dengan jenis font yang dipakai di blog kita. Tentunya dengan harapan agar tampilan iklan ads unit dan font dominan yang digunakan di blog lebih menyatu hingga tersamarkan kehadiran iklan di dalamnya.

Mengenai ukuran, bila kita gunakan ukuran bawaan alias default, ini akan dikenali sebagai ukuran paling kecil atau small. Kini adsense mempersilahkan jenis ukuran yang 2 kali lebih besar dari ini. Ini yang mungkin mengherankan, bila seminggu sebelumnya ukuran medium kini menjadi paling kecil. Ataukah ini petunjuk bahwa ukuran font yang paling populer adalah ukuran yang lebih besar? ini yang juga dijelaskan oleh pihak Adsense bahwa dengan penggantian ukuran ini, performa iklan juga tampak membaik menurut usulan dari para publisher.


Jadi, silakan saja dicoba, dengan pemberitahuan ini toh kita diberi kiat-kita untuk lebih mengoptimalkan pendapatan di adsense.