Pengikut

24 Juni 2009

Obrolan Fashion bagi Blogger Bandung

Setiap blog mestinya memiliki tema tersendiri. Meski blognya berisi curhatan (yang menjadi tema paling sering ditemui), terkadang curhat pun memiliki kecenderungan untuk menempel pada tema yang lebih khusus.

Bintang tamu di acara Bandungers Blogger malam lalu (edisi 23 Juni) adalah blog curhatan yang lebih mengarah ke fashion, gosip dan kuliner. Tema yang terlihat komplit bila menilik mereka adalah blogger dari Bandung. Toh kota yang mereka tinggali juga lekat dengan kesan kota fashion atau juga kota kuliner. Tengok saja berapa factory outlet, distro (distribution outlet) bahkan mal-mal dengan tema ini yang mudah ditemukan di setiap sudut kota. Bicara tentang kuliner, bandung juga destinasi yang lengkap. Dari mulai kudapan tradisional ala batagor hingga kue-kue hasil olahan mesin modern juga bisa dicari dengan mudah.


Ini yang menjadi alasan utama mereka bisa jadi tamu istimewa di program yang membahas tentang blog ini. Banyak yang memulai ngeblog dengan asal-asalan hingga mereka tak tahu mesti menentukan bahasan apa yang kira-kira mudah untuk ditulis. Blog tentu tak lepas dari kemudahan untuk mengkinikan dengan tulisan-tulisan terbaru. Sesuatu yang makin sulit saat ini di saat Facebook makin memanjakan dengan hanya menulis di wall (dinding) sekenanya tanpa perlu menulis lebih rinci.

Kesulitan untuk bertahan dengan blognya? cari tema-tema tulisan yang dekat dengan ketertarikan. Sesuatu yang kita sukai pasti akan lebih mudah menggugah obrolan kita, termasuk juga di blog. Dan beruntunglah Venia dan Erni yang mengelola blog ini mengangangat tulisan ringan yang bisa diliput dengan mudah.

Meski kegiatan ngeblognya didasari oleh keinginan dosen yang mengharapkan mahasiswanya aktif menulis sebagai bagian dari jurusan yang mereka ambil, yakni Jurnalisme, lambat laun kegiatan ngeblog ini juga menjadi kegiatan yang mengasyikan buat mereka. Terlebih saat mereka tahu bahwa blognya juga disebarkan melalui radio :)

Dan inilah salah satu keunggulan program acara Bandungers Blogger ini, mengangkat blog-blog dari Bandung, bahkan saling membantu mengeksiskan blog sebagai media yang patut untuk dituju. Jadi semoga saja dosen mereka menambahkan kredit khusus karena berhasil mempopulerkan blog hingga ke radio, amin!