Pengikut

Mengapa Masih Membutuhkan Blog?

Padahal saat ini tersedia beragam pilihan untuk penyebaran informasi. Di kala Facebbok dan juga Twitter mendera, aktifitas ngeblog sebenarnya menyediakan media baru yang tak hanya di dominasi oleh layanan blog. Sebut saja Catatan di Facebook, atau pesan singkat melalui Twitter.

Pesta Blogger 2009 lalu juga memulai sebutan baru. Tak hanya mereka yang sudah memiliki blog, baik gratisan maupun personal yang pantas dianugerahi sebutan blogger, namun mereka juga yang aktif di facebook dan twitter untuk menyampaikan pesan dan informasi pribadi juga disebut sebagai blogger. Artinya, jumlah blogger juga melonjak di pesta blogger lalu.

Sebutan boleh saja sama, namun ada beberapa pertimbangan mengapa kita masih membutuhkan blog.

- Blog kaya akan dukungan media. Tak cukup sebatas teks, disini juga bisa menyertakan gambar atau juga video sebagai penyerta
- Dukungan penuh untuk mendulang opini, sebut saja mulai dari komentar, polling juga chating.
- Mampu menyelaraskan agenda dengan bentuk opini yang terus menerus disampaikan.
- Kuasa untuk menentukan tampilan, tatanan dan fungsi-fungsi fitur.
- Relatif sedikit spam dibandingkan di Twitter

Lebih dari itu, twitter memang perlu untuk mendistribusikan pesan yang sudah tertulis di blog. Bahkan beberapa fungsi di Wordpress mampu meneruskan sebuah artikel atau posting secara otomatis ke Twitter. Blogger pun begitu, meski dengan bantuan pihak ketiga.

Idealnya, sebuah blog memang memiliki kekuatan, seperti keunikan dan orisinalitas agar kapasitas sang pemilik blog juga diakui.

21 komentar:

  1. setuju dengan mas... blog memang lebih fungsional untuk banyak hal

    BalasHapus
  2. Blog memang salah satu media yang lebih attractive dan menarik bagi mereka yang benar-benar ingin menulis seperti saya, blog dibilang sudah kuno itu salah besar, karena yang benar-benar dituangkan dalam blog adalah merupakan sebuah tulisan yang dipikirkan secara matang-matang untuk memberikan informasi pada semua orang

    BalasHapus
  3. setujuh!
    lebih baik kehilangan akun facebook daripada akun blogger :D

    *ya iya lah, akun blogger berarti akun gmail,dkk jg

    BalasHapus
  4. @duniapiyen : termasuk buat jualan? :)
    @ais : penulis memang lebih leluasa bila menulis di blog, mampu mengarahkan opini pula...
    @mardee : akun google dong ya, bisa parah tuh kalo paypalnya juga make email google :)

    BalasHapus
  5. buat saya, blog juga menjadi media menuliskan ide secara lebih utuh. Ia memiliki ruang pemaparan ide secara lebih luas.

    Oh ya, mas. Bolehkah tahu bagaimana membuat tombol share posting blog sebagaimana terdapat di blog mas Agus ini. Tks sebelumnya.

    BalasHapus
  6. Dengan ngeblog bisa kita jasikan salah satu media untuk belajar menuangkan inspirasi..

    BalasHapus
  7. menurut saya blog itu lebih berbobot ketimbang pace boke.. karena memang saya tisak punya akun pace book..hihihi..salam

    BalasHapus
  8. Blog tak hanya sekedar latihan menulis tetapi juga bisa digunakan media interaktif antar sahabat...lebih heboh lagi bisa buat cari income he..he..heee...setuju mas?

    BalasHapus
  9. Bagaimanapun juga facebook ataupun twitter tidak akan bisa menggantikan blog. Saya sendiri lebih senang blogwalking daripada facebookan.

    BalasHapus
  10. SETUJU.... Blog itu kan terdiri dari 4 huruf yah. B-Butuh pemikiran yang yahud, L-Logis dalam pemaparan, O-Orang-orang yang punya Blog pasti Happy, dan G-Gara-gara Blog orang bisa mengapresiasikan dirinya lingkungannya dan segala rupa ke dalamnya. Sooooow, KEEP BLOGGING Yauuuw

    BalasHapus
  11. @Herman : ok, untuk tombol share posting blog akan ditulis di blog.
    @Digital Baca,@Blogger Kampungan, @Dwi Budi Priyanta dan @Andri budiman : SETUJUUUU!

    BalasHapus
  12. Saya adalah seorang newbie di dunia blog, saat ini saya mencoba mengupdate konten blog dengan hal yang berguna. Ketika blog hadir, banyak sekali orang yang tertarik.Semoga blog tidak jadi barang musiman.

    BalasHapus
  13. Hingga awal2 kemunculan blog hingga kini yang diselingi dengan beberapa media sosial lainnya, blog masih dibutuhkan. Tetap semangat!

    BalasHapus
  14. iy, bener bgt..
    walau masih belajar dikit-dikit.
    ayo kita majukan blog sebagai saran penyalur aspirasi masy.
    yg diakui pemerinth juga..

    BalasHapus
  15. permisi,,
    mau tanya nihh. agak out of topic
    caranya ubah kolom "reaksi" di bawah post itu gimana, ya? dulu aku sempat bikin, tapi gak tau gimana cara ubahnya. juga tentang kata "diposkan oleh" itu..
    perasaan,
    setau saya,
    itu bisa diubah.
    tapi saya lupa caranya. terimakasih.

    BalasHapus
  16. ubah nama atau posisi nih kalo boleh tau?
    kalo sekedar kita ganti bahasanya, kita bisa edit manual, biasanya ada di bagian Edit HTML. untuk mengganti posisi juga bisa, masih sama prosedurnya bila kita manual memindahkan. Atau juga bisa dengan model drag and drop saat di sunting gadgetnya.

    BalasHapus
  17. Anonim7:48 AM

    Yups.. aku setuju mas.. mari kita budayakan nge-Blog terus..

    BalasHapus
  18. Mlm Mas, saya mau share sama mas. saya simpan link mas di blog saya, link balik ya mas. oia belajar info nya jug aya... hehehehe

    Http://www.z33s.co.cc

    BalasHapus
  19. makasih untuk linknya, tapi disini memang belum disediakan space untuk tautan blog.

    BalasHapus
  20. mantab bro artikelnya http://yourhealty.blogspot.com/

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer