Pengikut

17 November 2009

Posting Blog Kini Memiliki Hidup Lebih Panjang

Bisa dimengertikah judul di atas? Mungkin paparan berikut bisa membantu memudahkannya.

Suatu ketika edittag sering menemui sebuah postingan blog yang terpental berkali-kali dalam sebuah obrolan pendek di mikroblog Twitter. Terpentalnya pun bukan tanpa sengaja oleh salah satu pihak, namun juga diulang-ulang oleh temannya yang menerima umpan pesan tersebut. Jadilah postingnya makin sering dikunjungi. Dan ini juga tak hanya berlaku dalam satu hari, di hari berikutnya pun, pesan ini yang bisa disebar lewat proses RT (ReTweet) masih terngiang-ngiang di hari berikutnya.

Tak aneh bila kini kini bisa menyimpulkan sebuah postingan kini lebih berumur panjang. Ini bisa ditandai dengan masuknya komentar misalnya, pada sebuah postingan yang disebarkan di media sosial, baik Twitter maupun Facebook. Postingan yang sudah lebih dari sehari juga masih dilirik, terlebih bagi mereka yang memasang gadget Twitter atau Facebook di blognya.

Kini sebuahu penelitian pun takn jauh dari kesimpulan ini. Misalnya yang dilakukan oleh Postrank, dimana menyebutkan berita bahwa pada tahun 2007 sebuah posting memiliki kekuatan keterlibatan dalam hari pertama sejauh 94%, dan 98% diantaranya ditemukan pada satu jam pertama.

Di tahun 2008 angka ini turun ke 83% dalam sehari dan di 2009 menjadi 64%. Lalu Postrank menyimpulkan bahwa 36% dari keterlibatan pembaca blog di atas terjadi setelah 1 hari. Meskipun angka keterlibatan dalam seharinya menurun, namun sebuah postingan kini menjadi lebih "lama" daya tahannya untuk tetap bisa mengajak pembacanya terlibat, semisal dengan pemberian komentar dan sebagainya.

Jadi berterimakasih untuk berbagai media yang kini memang paling sering mengumpankan sebuah postingan dan lalu menyebarkan bagai virus.