Pengikut

19 November 2009

Menggunakan Kembali Gambar Yang Pernah Terpasang Di Posting

Masih ingat saat jaman awal-awal ngeblog, dimana banyak sekali blog yang masih terpengaruh dengan gaya tampilan majalah. Waktu itu mungkin referensi paling berpengaruh adalah detik (online) atau majalah (offline). Disitu akan dimunculkan masing-masing gambar di bagian awal sebuah postingan. Misalnya untuk postingan berkategori teknologi, termuat gambar komputer di depannya.

Dan saat posting dengan kategori yang sama akan dimunculkan, gambar komputer tersebut senantiasa diunggah (bila tidak disalin kembali alamat URL filenya). Nah, pengulangan gambar itu kini bisa dilakukan dengan mudah, tanpa perlu diunggah terus menerus.

Di blogspot, kabar adanya galeri dari Picasa memang sudah lama didengar. Namun penggabungannya dengan jendela unggah kini makin dipermudah. Kini, bila ingin mencari gambar yang dulu pernah diunggah, silakan tuju bagian "Picasa Web Album".

Ingat ya, kali ini masih dalam tahap beta, alias di blogger kita kenal dengan istilah draft. Tuju thumnail gambar, lalu periksa apakah ada tulisan "Picasa Web Album" di bawah opsi untuk mengunggah gambar.


Nah, gambar bisa kita eksplorasi dari sana, bahkan gambar-gambar yang muncul di blog lain dalam dasbor yang kita punya. Hanya sayang, disini tidak dilengkapi dengan petunjuk kapasitas penyimpanan yang maish tersedia, jadi bila punya blog banyak dan juga gambar bejibun, mesti hati-hati dengan ancaman kehabisan ruangan (space) di picasa album.