Pengikut

23 November 2009

Pemblokiran Blogspot (Lagi)

Semua blog dengan menggunakan alamat .blogspot hari ini tidak bisa diakses oleh pengguna Fastnet. Kesengajaan?

Kisah ini bermula karena ada permintaan dari pihak Menkominfo sehubungan dengan keberadaan sebuah blog yang beralamat di blogspot, yang berisikan SARA, memuat keterangan mengenai suatu agama dengan tidak benar.


Permintaan ini kemudian ditanggapi oleh APJII dengan meneruskan surat dari Menkominfo kepada rekan-rekan pengelola jasa internet untuk memblokir situs yang dimaksud. Namun entah mengapa ada ISP yang justru memblokir semua blog dengan akun di blogspot.

Ini memang sebuah kekeliruan, memblokir semua akun hanya karena ada satu blog yang bermasalah. Namun yang malah dipertanyakan adalah, mengapa Menkominfo justu tidak melakukan hal yang lebih tepat dan mudah.

Di blogspot sendiri ada fasilitas untuk melaporkan sebuah blog yang dianggap menggangu. Fitur ini adalah report abuse, Add Flag atau Laporkan Penyalahgunaan. Dengan fitur ini, kita memberitahukan ke pengelola blogspot bahwa ada konten yang bermasalah di suatu blog.

Selain dengan tindakan internal ke pihak blogspot, intansi setingkat Departemen Komunikasi dan Informatika juga bisa melayangkan surat keberatan langsung ke pihak blogspot, dengan demikian pemblokiran ini akan lebih efektif dan tidak menggangu pengguna blogpsot lainnya.