Pengikut

18 November 2009

Mikro Blog Yang Tak Lagi Mikro

Coba perhatikan, apakah layanan blog seperti di blogspot "ramah" pada media sosial yang makin marak penghuninya? Misalnya, ketika menuliskan komentar, user cukup menggunakan ID yang mereka miliki di Facebook atau di Twitter. Atau paling tidak, ketika kita menulis posting, maka secara otomatis akan bisa dimunculkan di layanan milik Twitter seperti halnya yang disediakan oleh Wordpress.com. Belum kan?

Ketertinggalan seperti ini mestinya mulai diperhatikan oleh Blogger. Ketika para pesaingnya, seperti wordpress.com malah mendapatkan anugerah sebagai CMS terbaik di tahun ini dari packtpub.com/award, ini menandakan bahwa software blogging mestinya berinovasi terus menerus. Ini juga menandakan bahwa wordpress pun tak sekedar untuk keperluan blogging, bahkan untuk mereka yang doyan menggunakan mesin CMS (content management system) untuk keperluan banyak hal.

TypePad pun kini mulai menggigit. Mereka memperkenalkan TypePad Micro. Apa itu? sesuatu yang mereka sebut : a completely free level of TypePad focused on easy sharing of text, photos, and videos.

Ini adalah semacama penggabungan dari beragam fitur yang ada di media sosial yang makin diakrabi. Ada gabungan dari Thumbr, Yahoo! meme, Twitter, Blogger, Wordpress dan paduannya disatukan dalam wadah yang sesimpel mungkin. Kita bisa menemukan fitur seperti :

* Profil Penulis dan Pembaca
* Widget "Following" atau pengikut seperti halnya di Twitter
* Dashboard yang aktif memberitakan orang yang kita ikuti seperti halnya di Blogger
* Sign-in dan cross posting ke Facebook dan Twitter
* Kemudahan posting melalui email
* Adanya tombol "favorite" di bagian kaki sebuah postingan
* Fitur statistik yang menawan untuk diikuti
* Posting cepat melalui Quick Compose seperti di Wordpress.

Saat mencobanya, kita pun tak perlu mendaftarkan akun khusus ke TypePad, kita bebas menggunakan Open ID dari akun seperti Facebook, Blogger, Wordpress, Twitter yang kita punya untuk bisa mendapatkan (atau paling tidak mencoba )layanan gratis ini.

Coba main ke tempat edittag di TypePad ya, alamatnya http://edittag.typepad.com/