Pengikut

04 Desember 2009

How Many Tweets of Your Blog Post

Sudah tahu 'kan di blog edittag terpasang tautan untuk menyebarkan postingan yang dibawa melalui tombol Tweet This? Yah, meski hanya di halaman muka saja, namun dengan keberadaan tombol ini edittag jadi bisa lihat sejauh mana pergerakan artikel di lingkungan Twitter.

Twitter beda loh ya dengan blog, meski namanya memang mancatut nama blog, yakni layanan mikroblog, namun jiwa dari Twitter adalah find and follow. Dari sini juga sudah mulai banyak terlihat, banyak pengguna twitter yang juga menggunakannya untuk publikasi jauh atas blog yang mereka miliki.

Bahkan, kala ada indikasi umur sebuah posting di blog makin panjang setelah adanya twitter, ini juga semakin memberitahukan bahwa kini pembaca blog tak lagi hanya sebatas membaca RSS atau juga langganan lewat email.

Cobalah gunakan Tospy, seperti yang edittag gunakan, agar bisa terdeteksi seberapa banyak tulisan di blog ini yang disebar melalui pengguna Twitter. Enaknya lagi, kita tak perlu daftar, karena cukup selipkan alamat blognya di belakang. Jadi misalnya ketikan : http://topsy.com/site/edittag.blogspot.com untuk blog ini. Jadi silakan disesuaikan alamat blognya.

Coba lihat :


Disini biasa kita lihat, posting mana saja yang ramai ditweet. Selain itu :

1. Identifikasi tema mana yang sering ditweet, jadi memudahkan untuk menulis artikel apa selanjutnya yang sekiranya disukai pembaca.

2. Statistik perbulan, minggu dan harian, yang memudahkan kita melihat di waktu-waktu apakah dan kapankah banyak pengguna twitter yang memposting link blog di twitternya.

3. Melihat sesiapa saja yang membantu tulisan kita dipublikasikan di Twitter.

4. Mengintip pesan apa (tweet) yang dituliskan teman kita di twitter untuk mempromosikan link tulisan kita.

Tertarik?