Pengikut

03 Desember 2009

Google Friend Connect Connected With Twitter

Gerah juga melihat posting di Typepad yang memungkinkan langsung publish ke Twitter. Atau juga begitu nulis artikel di Wordpress, status Twitter juga ikutan nimbrung menyolek tulisan barunya secara toomatis.

Entah karena edittag pernah tulis hal serupa di posting sebelumnya, akhirnya kini kemungkinan itu terwujud. Hanya saja beda penyajian 'kali ya?

Tak langsung menyertakan fitur publish to Twitter atau ke Facebook, blog kita di blogspot juga bisa kita publikasikan ke status di Twitter/Facebook melalui perantara khusus. Ya, maksudnya Google Friend Connect.

Layanan Google ini memungkinkan siapa saja untuk menjadi pengikut blog. Dulu sih mesti punya akun di Google, namun sejak kmarin, mereka lebih terbuka. Jadi pengguna Twitter pun bisa turut berpartisipasi di sini. Lalu apa keuntungannya bila mereka gabung melalui perantara Twitter?

1. Akun twitter mereka akan muncul di gadget Google Friend Connect. Bagi yang pengen eksis, ini pintu gerbang untuk bertatap muka dengan pengikut lain di blog.

2. Sharing melalui pesan di Twitter. Jadi pengikut ini akan bisa menyebarluaskan artikel atau juga alamat blog ke teman mereka di lingkungan pergaulannya di Twitter. (Sebenarnya ini keuntungan juga buat pemilik blog, blognya jadi makin tersebar).


3. Dengan penambahan gadget khusus, yakni gadget Komentar, gadget ini memungkinkan pengguna untuk mengeposkan komentar maupun tautan pada video di blog. Pengunjung dapat memakai fitur terjemahan untuk membaca komentar dalam bahasa yang dipilih.


Lebih puas lagi bila ingin menambahkan gadget lain agar kolaburasi ini makin bermanfaat. Ingat loh, saat ini, perOktober lalu, ada 1,3 juta pengguna Twitter di Indonesia. Belum lagi di dalam Google Friend Connect ada tautan untuk sharing link juga ke Facebook, yang kabarnya juga di Indonesia sudah mencapai 12 juta pengguna. Jadi sayang banget blog kita terlewat begitu saja tanpa menggunakan gadget ini kan?