Pengikut

20 Oktober 2010

Adobe Memindahkan Layanan Blog Movable Typenya ke Wordpress

Movable Type adalah salah satu platform blogging yang cukup populer. Meski memang tak sebanyak mereka yang menggunakan wordpress sebagai blognya, keunggulanya yang membolehkan penggunanya untuk mengintip pengkodingan (open source) cukup menarik banyak pihak.
Ada kabar terkini ternyata bahwa sebanyak 1200 blog yang ditenagai Movable Type ini mulai dipindahkan ke wordpress. Adalah konsultan blog bernama Pavel Ushakov yang mengabarkan hal ini ke pihak Wordpress. Memang konsultan ini telah dimaintakan bantuan untuk membantu menyelesaikan migrasi beberapa blog dari Adobe untuk dipindahkan ke wordpress 3.0. Dan migrasi ini akhirnya selesai dalam waktu 2 bulan.

Daftar blog yang dipindahkan ini sendiri kini masih bisa dilihat dalam daftarnya di http://blogs.adobe.com/ . Movable Type sendiri masih menyediakan layanan bloggingnya untuk diunduh. Hingga saat ini, ada versi 5.031 yang sudah dirilis tanggal 5 Oktober 2010 lalu. Hanya belum diketahui nih, mengapa blog yang berada di Adobe yang dipindahkan dari Movable Type ke Wordpress.

Adobe sendiri memang menyediakan tempat bagi beberapa blogger yang ingin berbagi info mengenai software, penggunaan, tutorial produk-produk Adobe. Dari sekian blog yang tersedia, beberapa diantarnya dimigrasikan ke platform lain. Mungkin untuk lebih menyederhanakan proses. Karena dalam Adobe blog ini layaknya Blog Direktory dan pihak Adobe menyediakan aggregatornya disana.