Pengikut

24 November 2010

Bersedekah di Blog Dengan TipTheWeb

Seringkali di blog atau website kita menemui icon berlogo Paypal dengan tambahan kata-kata 'Donasi' diatasnya. Sesuai namanya, tombol ini bila diklik akan mengarahkan pengunjungnya untuk masuk ke akun paypalnya, yang selanjutnya akan diberi keleluasaan untuk memilih berapa angka (dalam hal ini uang) yang akan disumbangkannya. Tentu kepada pemilik blog atau website tersebut.


Ngaku deh, seberapa kali kita pernah mengklik dan turut menyumbang uang untuk mereka. Mungkin ini mewakili jawaban dari kalian, namun bila menyumbang uang untuk 'membayar' atas tulisan yang kita baca, bisa jadi kita belum terbiasa. Jujur saja, mengambil gambar dari situs lain juga kadang kita lupa membubuhkan sumber filenya, apalagi bila kita sering menemui konten secara gratis bisa dibaca dimana saja. Membayar atau menyumbang, jelas bukan pilihan realistis bagi mereka. Mungkin juga saya.

Tapi, tunggu dulu. Kadang juga kita temui ada konten artikel atau komentar sekalipun yang begitu menarik, entah karena gaya penulisannya, inti pesannya, atau juga gambar yang begitu menarik dan kadang begitu kita hargai hingga pemiliknya pun tak bisa melihat apresiasi kita dalam bentuk yang lebih 'menguntungkan'. Nah mungkin dari sini muncul layanan sederhana dan menarik ini.

Tiptheweb, sebuah layanan yang membantu pemilik blog untuk mendapatkan nilai lebih dari konten yang dimilikinya. Layanan ini hanya baru tersedia dalam bentuk bookmarklet yang bisa kita instal dalam browser yang kita pakai, yang nantinya saat berselancar ke suatu alamat blog yang menarik, pengunjung bisa mengklik tombol berupa pilihan untuk memberi 'tips' bagi pemilik kontennya.

Meski layanan ini sedikit 'repot' karena tidak bisa kita bubuhkan di blog yang kita punya, dengan bantuan layanan ini. Yang bisa kita lakukan adalah mengklaim blog kita ke layanan ini, agar mereka bisa menghubungi kita untuk keperluan pengurusan dana ini. Layanan ini sudah bisa terkoneksi ke Blogger, Wordpress, Twitter, Flickr, Youtube dan lainnya.

Berapa nilai yang bisa disumbangkan dengan bantuan ini? mulai dari 5 sen, atau sekira Rp. 1800 hingga $100 atau sejutaan. Melihat nilainya, bisa jadi memang sangat beragam. Bisa pula sebagai alternatif pengganti PPC atau review ya? Sepertinya perlu kita coba nih?