Pengikut

07 Juni 2011

Berkat Teknologi LED, Lampu Ternyata Bisa Membuat Kesan Berbeda

Saya takjub ketika melihat lampu-lampu di pasaran kini ada banyak pilihan. Jangan bayangkan melihatnya di pasar beneran ya. Karena saat kita berjalan-jalan di pusat perbelanjaan besar seperti di supermarket, bagian lampu dan elektronik menjadi tempat yang sangat menyejukan mata. Teduh, berpendar, dan memiliki penataan yang unik. Lampu-lampu ini tergantung dengan anggunnya.

Itu baru di sini, di Indonesia. Di Thailand sana, ada toko lampu khusus yang lebih mirip galeri. Ya, seperti galeri yang biasa kita lihat untuk show room mobil atau barang mewah lainnya. Begitu memasuki area tokonya, kita akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Ruangan yang hanya berupa kamar tamu, disulap menjadi ajang pameran lampu-lampu yang bisa disesuaikan cahaya dan warnanya. Padahal tahukah, warna dindingnya tak ada yang istimewa.


Sumber gambar : coolbusinessideas.com

Belum lagi bila memasuki ruangan lain. Kamar mandi, kamar, ruang makan, laksana wahana permainan yang membuat kita senang, merasa nyaman, dan mendatangkan kesan yang menenangkan. Kita bisa memainkan warna, tingkat pencahayaan, hingga membawal kesan yang berbeda-beda. Pengen cerah, bisa ditingkatkan pencahayannya. Saat ingin santai dan rileks, bisa diatur agar pencahayaan redupnya digunakan. Asyik kan? bagaimana mungkin ya pengaruh lampu bisa membuat perbedaan begitu terasa?

Pasti bukan lagi lampu pijar yang biasa kita gunakan di masa-masa lalu. Lampu yang terkini, seperti lampu yang saya ceritakan tadi, adalah lampu generasi baru yang punya teknologi LED. Seperti halnya teknologi lainnya yang makin berkembang, teknologi lampu dengan LED jelas punya kelebihan lain.

1. Ramah lingkungan. Itu pasti. Lampu ini tak lagi mengandung merkuri. Juga tak mengandung bahan-bahan berbahaya. Jelas ini membawa perbedaan. Tak perlu lagi khawatir bisa membahayakan anggota keluarga.

Kalau isu lingkungan juga tak cukup, bagaimana dengan ini :

2. Mengurangi radiasi panas. Kok bisa? Lampu LED punya kemampuan untuk membuat energi yang dikonsumsi lampunya lebih besar dari lampu pijar. Bila biasanya lampu pijar hanya menghasilkan 8 % dari energi yang diserapnya menjadi cahaya, lampu LED malah bisa 15-25 %. Apa ini artinya? Jelas bisa mereduksi panas. Dan satu lagi.

3. Lebih irit biaya. Hahaha, ini pasti yang diharapkan dan ditunggu-tunggu kan? Siapa sih yang tak mau lebih irit saat ini. Melakukan pengiritan di satu sisi berarti bisa punya kesempatan lebih besar untuk belanja lainnya kan :D.
Jadi gambarannya seperti ini. Lampu LED punya kemampuan untuk mengirit pemakaian energi lebih banyak dari lampu pijar biasa atau halogen. Kabarnya, bahkan hingga sampai 80 % lebih irit. Ada lagi? jelas.

Umur lampu LED lebih panjang. Coba deh cek, menggunakan lampu bohlam atau pijar konvensional, biasanya kita paling harus menggantinya setiap 18 bulan sekali. Memang bisa setahun lebih. Tapi tahukah, lampu LED bisa sampai puluhan tahun. Khasnya, mereka punya umur 20-25 tahun penggunaan. Gila, lama ya?

Sudah punya kelebihan, masih juga punya pengaruh estetika. Lampu LED ini, kalau kembali galeri seperti cerita di atas, punya kemampuan untuk memberikan sentuhan yang berbeda bila kita memainkan tingkat densitas, kependaran. Hasilnya, warna cahaya putih bisa memberikan pengaruh warna putih yang hangat atau adem. Mau cahaya lebih terang atau situasi yang temaram? semua juga punya kesempatan menyesuaikan. Inilah yang namanya lampu pintar.

Tak lagi kita hanya pasrah mendapati cahaya yang itu-itu saja. Efeknya, kita jadi punya warna ruangan kamar yang berbeda-beda. Bosan? sudah pasti lenyap kan?

Dengan keunggulan yang tak bisa ditawar lagi, masa sih kita tak menggunakan lampu LED? Jelas wajib hukumnya.