Pengikut

20 Juli 2011

Memasang Tombol Google+ di Wordpress

Dengan jumlah pengguna yang kini mencapai 18 juta lebih, Google+ jelas jadi tempat promosi yang juga pas untuk mempublikasikan artikel blog. Facebook juga meraja sebagai pengumpan tautan terbanyak karena banyaknya pengguna media sosialnya. Kini saatnya untuk membidik tempat lain agar postingan di blog juga makin merajalela.

Artikel sebelumnya telah memberikan arahan bagaimana memasang tombol Google+ di Blogspot. Untuk pengguna wordpress, kamu juga tak perlu iri. Blog yang beralamat di wordpress.com juga bisa menambahkan tombol ini.

Caranya, masuk ke menu Pengaturan, di bagian bawah terdapat tautan Sharing, klik. Lalu di sebelah kanan akan ada menu Sharing Settings. Cukup tarik tombol-tombol yang tersedia di kolom Available Services ke kolom Enabled Services.

Simpan, dan hasilnya pun bisa dilihat.





Untuk yang beruntung menggunakan wordpress hosting sendiri, kini juga tersedia widget untuk dipasang di blog. Cukup dengan menginstal plugin GoogleCards. Setelah sukses diinstal, masuk ke bagian Tampilan -> Widgets. Lalu tarik widget ini ke dalam posisi sidebar yang kita kehendaki.

Masukin ID Google+ pada setelan yang tersedia. ID ini bisa didapat dengan melihat alamat URL profile Google+ kita. Salin dan simpan nomer ini di widget hingga tampil seperti berikut ini :


Sukses? nanti di halaman utama blognya akan muncul widget serupa badge sebagai penanda tombol Google+ bisa diklik untuk menuju ke profil Google+ kita.

Oh ya, jangan lupa follow Google+ saya di http://gplus.to/agushery :D