Pengikut

11 Maret 2015

Cara Mengambil Foto Indah Tanpa Keluar Rumah

Pasti yang sudah lama aktif di Instagram merasa sulitnya bisa dapat foto yang bagus tanpa harus jauh-jauh motret dari luar rumah. Rata-rata mereka yang punya like ramai itu akibat suka banget dengan traveling. Ambil foto pantai, gunung, hutan, laut, dan semuanya aktifitas out door. Lalu bisa ga sih, kita yang di rumah ini bakal dapat foto dengan gambar menawan?


Buat kita, untuk yang lebih sering berada di rumah, pilihan untuk melakuakn pengambilan gambar di dalam ruangan, alias indoor jadi pilihan yang pas. Selain tak memerlukan kecanggihan khusus dengan kamera yang mumpuni, kita juga bisa memanfaatkan pencahayaan yang ada, dengan alat yang terbiasa di rumah pula.

Ini contohnya :


Tak ada yang lebih utama untuk mengambil gambar dengan bantuan cahaya dari jendela rumah kecuali menggunakan tripod. Rekomendasi top lah. Terus, bagi yang tak punya, kita hanya bisa menaikan ISO untuk menaikan shutter speed jika lebih terbiasa memegang langsung kamera. Rumusnya, shutter speed kudu punya angka 1 berbanding focal length dari kamera kita punya.

Misal, jika menggunakan lenda 100mm, kita bisa memotret dengan f/16 dan eksposure 8 detik. Untuk yang tak memakai tripod, kita bisa menaikan angka ISO (otomatis aperture juga ikut naik) hingga kita punya shutter speed di angka 1/100 untuk mendapatkan gambar yang tajam; namun dengan tripod pun, angka 8 detik untuk eksposure sudah cukup.

Jadi, 3 hal yang perlu diperhatikan adalah :
- Gunakan tripod, atau naikan ISO hingga shutter speed mencapai 1 berbanding focal length dari lensa.
- Jika punya tripod, coba ISOnya direndahkan sekecil mungkin
- Setel kamera ke manual, dengan aperture sekitar f/11, lalu capai eksposure dari setelan shutter speed


Untuk mendapatkan latar belakang atau background yang lembut, gunakan kertas poster yang murah atau bisa pula kertas putih dari bagian belakang kalender bekas yang tak terpakai.

Lalu, ada hal penting lain untuk pengambilan gambar yang sempurna. Lighting! Betul kan? Nah, bila kita tak punya lampu flash di kamera kita masih mampu ko untuk mendapatkan foto di dalam rumah dengan tepat. Pasti kita punya senter kan? COba perhatikan gambar kiwi berikut yang diambil di kamar mandi dengan lampu kamar mati dan menyalakan senter dari belakang kiwi.


Dengan kondisi gelap ini, ada baiknya kita emngambil gambar tanpa mengintip dari kamera, namun dari LCD kamera, lalu sesuaikan sudut cahaya dari sana. Intinya, tak perlu risau jika tanpa lampu flash, yang diperlukan adalah ruangan gelap, sangat gelap, dan bantuan cahaya senter!

Jadi, untuk kesimpulan dari dua foto diatas, yang diperlukan hanyalah :

Bunga dan bola bisbol - cahaya jendela, papan poster putih dan tripod
Buah Kiwi - tripod dan senter

Coba, bisa hebat gitu, bakalan coba-coba terus nih biar makin bagus hasilnya.