Pengikut

22 September 2015

Anak Kecil pun Tahu Mana yang Segarnya Lebih

Kejutkan diri Anda. Jika kau kira anak kecil tak tahu apa-apa, mungkin kita harus segera meralatanya. Tapi kita harus akui, kadang, dalam hal tertentu, kita memang harus lebih banyak belajar dari mereka.

Jika kita bertemu dengan keadaan yang menharuskan kita menunggu lebih lama hanya karena pesawat mengalami delay, siapa yang lebih stres duluan? Kita kan? Lalu bagaimana reaksi anak kecil yang kita bawa. Mereka mungkin tetap lelap dalam tidurnya. Atau bahkan berlarian dari ujung ke ujung, dan mereka tetap gembira.

Kita lebih mudah bereaksi terhadap sesuatu, yang reaksinya malah terkadang berkebalikan. Coba tes lagi. Ajak anak untuk ikut serta berbelanja. Ajalaklah ke Hero Supermarket. Uji mereka untuk memilih bahan yang kita butuhkan untuk seminggu ke depan. Arahkan mereka ke tempat buah dan sayuran. Mungkin mereka tak menikmati saat mengonsumsinya. Namun warna-warna cerah tentu bisa mengalahkan keraguannya. Dan tentu ini bagus, karena dengan bahan yang masih segar, siap konsumsi, tentu kadar vitamin dan zat-zat yang berguna masih terjaga utuh.




Biarkan mereka untuk mengambil buah mana saja yang mereka suka. Apa saja. Jika sudah mendapatkan apa yang mereka suka. Bawalah ke tempat saudara, teman atau kerabat. Anggap saja kita sedang menghadiahkan buah. Dan sebutkan, bahwa buah yang kita bawa ini adalah pilihan anak-anak. Tentu mereka yang menerimanya bisa saja bertanya, mengapa anak kecil masih bisa memilih buah mana yang masih segar kan?

Untuk meyakinkan mereka dan juga anak kita, kita bisa gigit buahnya. Terkadang hal ini membuat anak kaget di awal. Mereka mungkin akan protes. Lalu jelaskan pada mereka bahwa buah yang mereka ambil itu memang masihlah segar. Tak perlu risau. Gunakan pendekatan ahli gizi bila kita mengetahui kandungan yang ada di dalamnya. Dengan ini mungkin saja mereka sadar bahwa buah ataupun sayuran yang segar punya andil yang hebat untuk membuat badan kita tetap sehat.

Nah, jika mereka terbiasa untuk memilih buah dan sayuran yang segar, kelak mereka tahu kualitas bahan yang baik dan lebih paham untuk mengetahui kebaikan bahan makanan yang telah alam sediakan.

*Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari www.herosupermarket.co.id dalam rangka memperingati HUT Hero Supermarket ke 44. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.