Pengikut

Blogger : Cache and It's Benefit

Rekan mengaku mendapatkan kesulitan untuk melihat tampilan blog yang sudah diedit.Berkali-kali dicoba dibuka hasilnya jauh dari harapannya.Tanpa kenal menyerah pula tautan template menjadi bagian yang paling sering ditujunya untuk mendapatkan penyelesaian.Anehnya tampilan preview didapati menghasilkan tampilan yang ditujunya.Namun saat di save tetap saja tak segera terlihat editannya.Hasil tetap tak berubah.

Untuk beberapa rekan ada baiknya bila kita telah selesai mengedit templatenya, membuat salinanya, dan diyakinkan dengan tampilan previewnya maka hal pertama yang bisa dilakukan sebelum membuka halaman depan blognya adalah membuang cache.Secara manual biasanya kita mendapati cache di bagian C:\Documents and Settings\Administrator\Local Settings\Temporary Internet Files\.

Cara kedua bila kita tak ingin repot dengan kegiatan ini bisa melakukan hard refresh dengan cara menekan tombol F5 secara berkali-kali saat kita membuka halaman depan blog sesaat setelah melakukan save template.Dengan begitu perambah kita akan mencari konten dan tampilan terbaru di blog yang kita tuju.

Jadi, jangan cepat-cepat kecewa dengan hasil editan yang tak juga muncul.

Lalu apa guna cache yang bisa kita gunakan?

Mungkin ada beberapa rekan yang pernah mengganti template menemui hal yang dirasa aneh karena beberapa tautan menjadi hilang.Ini sangat normal bila kita menilik komponen di blogger yang menempatkan bagian tautan hanya bisa diedit secara manual.Tentu saja bila tautan-tautan temen kita menjadi hilang tanpa berbekas.

Untuk itu kita bisa menggunakan cache dari google untuk mendapatkan tautan pada template sebelumnya yang tak sempat disalin.Saya bisa menggunakan bantuan kata kunci "cara mengedit friendster" pada google.co.id dan hasilnya adalah :

mengedit itu mengenyangkan ...: WEB : Set Your Friendster Profile Here
Makasar, dengan Query : cara mengedit friendster (ehm..lebih mengarah kelihatannya) 4.Kampungjawa (dimana tuh?), dengan query : mengedit profile friendster ...
edittag.blogspot.com/2006/07/web-set-your-friendster-profile-here.html - 49k -
Cached - Similar pages


Perhatikan kata cache disana.Bila kita klik tautan cache maka kita akan ditampilkan tampilan blog edittag menurut cache dari google.Disana kita mendapati kembali tautan-tautan yang hilang.Kita bisa segera View->Page Source dan salin kode-kode tautan yang ada.Ingat, tak semua kode bisa kita salin disana.Hanya bagian-bagian tertentu yang relevan dengan kode tertentu semisal tautan, banner atau kode layanan shout.

Nah...berguna kan?

2 komentar:

  1. assalamualaikum wrwb
    kang tiga postingan terakhir ini sangat dibutuhkan sekali...malah yang ditunggu-tunggu...walau pun masih ada yang kurang kurang paham bahasanya...karena emang akunya gaptek kali hehehe tapi lumayan ada pencerahan...oya..training blog di Rumah Internet aku tertarik ..kenapa kang ga ngasih tau lumayan kan buat ilmu juga pengen banget,,lain kali kasih info ya kang..hehehe (maksa)

    wass,
    meti

    BalasHapus
  2. kalo ada yang kurang paham mending langsung tanyakan ke penulisnya bu :D

    dan mohon maaf nih kalo berita pelatihan ga nyampe, kan sebenernya dah aku tulis disini.

    dan kalo submit ke blogku bukannya dikirimin email tiap kali ada entri terbaru?

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer