Pengikut

16 April 2007

Blogger : Moving Label in New Blogger

Bagi pengguna Blogger baru yang sudah diperlengkapi aksesoris label atau kategori, kita bisa menempatkan tautan label ini di sekehendak hati kita. Ini sesuai dengan nuansa penuh drag and drop yang diklaim sangat user friendly oleh pengembangnya. Jadi jangan heran bila posisi tautan label bisa berbeda-beda pada blogger yang lainnya.

Bila kita ingin menatanya, satu hal yang kita pastikan sebelumnya adalah pengaktifan fungsi pelabelan ini. Selanjutnya kita meyesuaikan penataan layout dengan penempatan label.

Caranya adalah :

1. Masuk log (log in) ke Blogger, dan sesaat setelah masuk di bagian Dasbor ;
2. Klik Lay out untuk masuk ke menu Page Elements tuju kotak Blog Posts dan perhatikan tautan Edit di dalamnya. Klik untuk memunculkan jendela baru
3. Disinilah kita gunakan mouse untuk memindahkan aksesoris Labeldimana saja dikotak Blog Posts. Keberadaannya bisa sebaris dengan aksesoris postingan lainnya seperti sang penulis, tanggal penulisan, komentar atau link Quick editing, seperti gambar dibawah ini :

4. Jangan lupa akhiri dengan menekan tombol Save Changes.

Kita bisa langsung melihat hasil penyuntingan dengan menekan View Blog dibagian atas, atau ketikan langsung alamat URL blog di jendela perambah.

Lalu bagaimana dengan pengguna Blogger lama? Mmmmh...sepertinya harus rela menerima kenyataan sedihnya, label/kategori tidak bisa dipindahtempatkan. Kode label ini serta merta akan diselipkan secara rahasia oleh Blogger. Tak heran kita tak akan menemukan variabel $Label$ didalam template-nya.
Add to Technorati Favorites