Pengikut

02 Juli 2007

Blogger : Now Ok to Remove Navbar

Beberapa hari yang lalu sempat muncul pertanyaan "blogger hidden navbar skrg legal??". Pertanyaan dari dani mungkin juga sempat terlintas di benak Anda atau teman, mengingat trik untuk melenyapkan navbar juga banyak dipublikasikan blogger lain. Baik di Blogger lama maupun baru.

Bila ada diantara pembaca edittag ada yang belum mengetahui istilah navbar, ini adalah baris navigasi dengan tinggi 40 pixel yang ada di bagian atas blogspot dengan kemampuan untuk mencari konten pada blog yang sedang dikunjungi atau bisa pula untuk mencari blogger lainnya hanya dengan menakan tautan`NextBlog. Lalu saat kita sudah masuk log, maka baris ini akan berganti "baju" dengan memfungsikannya sebagai tampilan mini dasbor pribadi.

Edittag sempat membahas pentingnya pemasangan bagian ini untuk menghindari kemungkinan yang buruk berupa di non-aktifkannya akun kita bila menyelipkan kode CSS untuk mengunci dimunculkannya bagian ini. Bahkan tulisan ini pernah dijadikan rujukan oleh blogger lain sebagai peringatan agar akun blogger tidak terganggu. Memang, dulu -bagi yang sempat membaca Ketentuan Layanan- maka kegiatan ini bisa dianggap melanggar ketentuan.

Tunggu, itu adalah ketentuan yang lama. Sangat berbeda dengan ketentuan yang baru. Cobalah baca halaman ini sekarang. Tak usah ragu karena alasan bahasanya yang asing. Syukurlah kini kita bisa memahaminya dengan lebih baik karena halaman ini juga dimuat dalam bahasa kita sehari-hari, Bahasa Indonesia (mesti disana-sini masih ada kesalahan eja yang cukup mengganggu :D).

Kita tak bisa lagi menemukan kata-kata Navbar disebut. Apakah ini artinya? Blogger sudah tak lagi mempermasalahkan hal ini lagi. Bila kita singgah ke kelompok pendukung Blogger, pertanyaan seperti diatas juga dianggap angin lalu. Sulit untuk mengharap jawaban langsung dari punggawa resmi Blogger yang sering menengahi isu seputar Blogger. Dan satu lagi,-ini juga rujukan yang penting- saat Google menggelar road show di India dalam rangka mempromosikan plaftform Blogger, salah seorang peserta yang datang, Ankit, menanyakan hal ini secara langsung. Dan tebak apa yang disampaikan dari kantor Google yang berpusat di Bangalore akan hal ini? "it's legal to hide the navbar". Sudah bisa dibayangkan pasti Ankit meresponnya dengan memutar-mutar kepalanya empat kali sebagai petunjuk dirinya bahagia mendapati jawaban ini (wah jadi teringat MVRC Manooj si india di edensor-nya Andrea Hirata :D).

Kesimpulanya, sekarang boleh 'ko menghilangkan navbar. Wah, tapi harus sering-sering melakukan pengecekan kembali ke tos-nya blogger untuk lebih pastinya. Karena sifatnya yang memperkenankan Blogger untuk merevisinya kembali suatu saat.

Add to Technorati Favorites