Pengikut

Blogger : Use Blog as Virtual Kiosk

Tertarik untuk mencoba peruntungan dengan membuka gerai online? Tentu saat ini banyak sekali toko-toko virtual yang bisa kita temui setiap saat berseluncur di internet. Mulai dari menemukan banyaknya hasil pencarian yang merujuk ke toko online hingga rekomendasi rekan saat kita mencari barang. Dan siapa tahu juga tawaran berjualan di internet mengemuka sesaat setelah kita tersadar bahwa kita pun bisa berjualan dengan bermodalkan produk yang ada di sekitar kita.

Langkah selanjutnya setelah kita tentukan produk adalah dukungan teknis untuk membantu mewujudkanya. Diliriklah banyak sekali panduan berdagang di internet. Fokus akan lebih diarahkan kepada penyedia layanan toko online. Tentu bagian ini akan menjadi awal yang strategis agar niatan bisa terlaksana.

Kita bisa dengan segera meluncur ke layanan pembuat toko secara instan (kiosk generator). Istilah ini untuk menyebut program-program pembuat toko yang banyak bertebaran di internet. Bagi yang tak mau pusing berinteraksi dengan tombol-tombol teknis, kita bisa saja melirik apa yang ditawarkan tinggalklik.com atau vkios.com.

Keduanya akan membantu kita untuk membuat toko secara instan cukup dengan mendaftarkan sebagai pelanggan. Di tinggalklik.com misalnya, dengan dana sekitar Rp. 960.000 maka kita bisa langsung berbisnis di internet. Bahkan transaksi bisa kita terima dengan layanan melalui WAP site atau sms yang disediakan dengan dukunan short number tertentu. Lima belas menit yang cukup berharga untuk bisa langsung memiliki toko.

Di vkios juga tak kalah menarik. Dengan layanan yang hampir sama, kita hanya dibebankan Rp. 550.000 Rp. 500.000 pertahun dan dalam waktu maksimal 3 jam kerja, kita bisa langsung menerima order!. Bagi yang tertarik menyimak info lebih lanjut, silahkan menilik tautan masing-masing. (Lagipula edittag tak sedang dibayar untuk mempromosikan layanannya :D )

Nah bagi Anda yang sudah memiliki hosting sendiri dan tertarik untuk membuka toko, Anda bisa melirik tawaran osCommerce. Memang akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyetel web untuk menjadi toko online disini. Sangat cocok untuk mereka yang suka memanfaatkan fitur Fantastico dalam Control Panelnya. Hasilnya pun cukup sepadan, Anda bisa lebih bereksplorasi agar tercipta toko yang tampil beda. Tipsnya hanya berhati-hatilah menyetingnya agar toko Anda tak berumur pendek hanya karena kekeliruan kecil saat mengkustomasi fiturnya.

Bagi Anda yang hanya memiliki bekal blog dan ingin mengeksporasi lebih lanjut, sebenernya platform blog juga tak ada salahnya untuk dicoba. Memang benar 'sih jelas fiturnya tak sekomplit dengan layanan berbayar, tapi bila Anda rasa cukup untuk memajang produk, menerima order dengan memanfaatkan fitur komentar, dan mengandalkan nomer telepon dan status Yahoo! Messenger sebagai garda depan layanan pelanggan, blog sepertinya masih sanggup membantu usaha Anda.

Kuncinya, maksimalkan fitur yang ada di blog!. Gunakan posting sebagai media untuk menawarkan produk-produk terbaru. Fitur komentar yang terselip ditiap postingan bisa digunakan sebagai form untuk memungut informasi untuk bertransaksi, paling tidak nama, email dan nomer telepon pengguna bisa digunakan sebagai media penyimpan data calon pembeli. Selanjutnya gunakan kategori atau label sebagai pembagi menu produk. Tak ada shoping cart juga tak perlu ditanggapi sebagai poin kekurangan. Terkadang calon pembeli merasa jengah diharuskan mengisi form pendaftaran hanya untuk keperluan membeli 1 potong kaos!. Malah kecenderungan saat ini adalah para calon pembeli lebih suka menggunakan layanan OpenID untuk bertransaksi di internet. Dengan satu akun ID, maka untuk membayar tiket di sebuah biro perjalanan virtual misalnya, Anda tak perlu mendaftar ulang untuk mendapatkan akun baru. Cukup masukan ID dari OpenID yang kita miliki, maka selanjutnya kita bebas masuk-keluar ke situs yang perlu melakukan transaksi. (Maka patut disyukuri keputusan Blogger untuk membuka akses ke pengguna OpenID untuk keperluan pembahasan kali ini.)

Selanjutnya, fokuskan kepada pengkinian produk, secara terbuka sebutkan produk-produk yang masih ada atau sudah habis. Kini, tak perlu lagi meragukan kemampuan blog sebagai media jualan kan :D?

Tambahan : Selamat kepada Kang Dhika yang perhari ini telah membuka pintu rejeki lainnya dengan membuka layanan pasarbatik.com (dengan berbekal wordpress lho!), semoga mampu membuka wawasan, memberi masukan positif serta mendulang keuntungan dengan terbukanya situs jualan ini.

Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

12 komentar:

  1. Sangat menarik memang menggunakan blogger sebagai toko online, mudah, murah, praktis. Banyak yang sudah mengaplikasikannya. ....very nice.

    BalasHapus
  2. Anonim5:01 AM

    owh....

    BalasHapus
  3. wah, tersanjung nih di woro2in disini, ternuwun kang, mudah2an makin maknyuss...;)

    BalasHapus
  4. kl saya bisnis onlennya bukan di blog, melainkan lgsg masuk di web yang nyediain tempat buat kita jualan. awalnya iseng tp malah ketagihan.

    modal percaya sih... mereka transfer uang kmd barang saya kirim. yg jelas saya ga akan kirm barang sebelum uangnya saya terima.

    dr pengalaman beberapa kali, lancar :)

    BalasHapus
  5. saya pingin juga lho punya usaha online model gini... :D

    kang link saya sudah pindah ke totoks.comya hehehe.. yg totoks.blogspot.com sudah saya redirect kok.

    THX

    BalasHapus
  6. mau buka toko tp belum punya barang dagangan. ntar aja wis klau udah balik lagi kekalimantan cos klau disana banyak banget barang ilegal yang noki dapat dr malaysia

    BalasHapus
  7. ass...kang kalo jualan produk enak nya pake weblog atau web biasa ya...target 2008 ini aku harus udah launching produk..doain ya...tapi harus beli hehehe...maksa!!!, buat Nafhan bagus looo, mudah-mudahan belum punya, sekarang masih bingung, ditunggu ya jawabannya

    BalasHapus
  8. wallaikumsalam bu,

    pilihan ada di Ibu, sejauh mana bisa mengenal blog selama ini. bila dirasa cukup tentu tak masalah, karena yang dibutuhkan untuk toko online sebenernya adalah service, bagaimana membalas email dengan segera, mengabarkan stok barang yang masih ada, mudah memberi akses pengunjung untuk bertransaksi dan purna jualnya.

    barang apa ya yang kiranya nafhan belum punya :D, ditunggu kabarnya ya....moga sukses usahanya di tahun depan!

    BalasHapus
  9. Wah, terima kasih vKios sudah di-review di sini. Sedikit ralat, biayanya adalah Rp. 500.000/tahun (itu sudah termasuk domain dan hosting). Prospeknya cerah, lho. Tanya aja sama yang udah bisnis online (tapi tidak semua jenis barang mudah/bisa dijual di Internet).

    Denny Harianto
    www.vkios.com

    BalasHapus
  10. Terima kasih untuk ralatnya, wah harga turun nih, dulu temen bayar satu juta disana, atau mungkin beda paket ya?

    untuk barang yang tergolong susah dijual di internet seperti apa nih pak?

    BalasHapus
  11. Ada beberapa paket, Pak. Beda di space dan bandwidth (dan harga, tentunya :D).

    Teman saya pernah coba untuk jualan gadget (dari Surabaya). Ternyata susah sekali. Dugaan saya karena bagi penduduk kota besar, gadget mudah dicari. Sedangkan di daerah belum terlalu populer. Jadi tergantung lokasi seller dan barang dagangannya, sih.

    Denny Harianto
    www.vkios.com

    BalasHapus
  12. jadi artinya harus berlawanan dengan kondisi pasar setempat ya? ini terkait dengan masalah pengiriman barang yang memang masih cari barang di online kios terdekat?

    tak kalah jelinya kalo gitu ya untuk buka toko di dunia maya skalipun

    makasih pak dah berbagi info...

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer