Pengikut

17 Desember 2007

Web : Agushery blogspot got 9 as PR?

Bila blog tak terurus tiba-tiba melesat dalam hal rangking Google (Google Page Ranking), apakah yang dirasa janggal?

Beberapa waktu lalu memang Google meralat ulang sistem pemeringkat web melalui Page Ranking. Makanya tak heran bila ada beberapa blog diantaranya yang terkena anugrah dan berkah dengan dinaikkanya peringkat mereka di mata mesin pencari google. Edittag termasuk yang bersyukur karenanya. Setelah hampir setahun terperangkap di peringkat ke 4, sejak 2 bulan lalu angkanya naik satu peringkat ke nomer 5. Sebuah pencapaian yang patut dibanggakan. Tentu ini tak bisa lepas begitu saja dari sumbangsih rekan-rekan blog yang masih sudi berkunjung ke blog ini. Untuk itu, itikad sesama blogger untuk saling menaut tetap akan edittag junjung tinggi. Edittag masih terbuka untuk saling bertukar tautan.

Ada satu hal yang mencemaskan dibalik berkah tak terduga ini. Beberapa situs yang menyediakan widget atau ikon pemeringkat PR (Page Ranking) masih belum mengupdate datanya sesuai dengan yang dirilis Google. Faktanya, edittag mengalami keterkejutan sesaat begitu mengetahui blog seinduk, agushery.blogspot mencapai angka 9 saat dijenguk pagi hari ini (tuh kan ketahuan lama tak disambangi!).


Terlenakah pagerank selaku penyedianya dengan melepas angka ini untuk blog yang lebih dari sebulan tak diupdate? Hal ini juga sempat meninggalkan pertanyaan akan dominasi logika selama ini yang berlaku bahwa blog yang sering diupdate akan lebih berpeluang untuk naik PR-nya.

Tapi tunggu dulu, pasti ada yang lebih masuk akal daripada tersenyum lebar tanpa ingin tahu alasannya (seraya berharap bahwa angka itu memang mutlak hehehe). Untuk mengeceknya, edittag mencoba menganalisa dari layanan serupa dari mypagerank. Dari nama domain saja sudah hampir sama, semoga saja hasilnya juga sama atau hampir sama :D.

Tak sedang beruntung kiranya mengetahui angka 7 masih bertengger dengan tenangnya seperti beberapa bulan yang lalu yang sempat dirilis di postingan edittag. Hm, ternyata mimpi angka 9 mampir di blog yang mengupas Adobe Flash Lite ini.

Bila boleh menelaah, mestinya PRnya turun ke kisaran 5 atau 6 mengingat kealpaan edittag mengupdate blognya. Blog ini memang sempat menginjak di angka 5 saat menulis postingan berbahasa Indonesia, apakah itu karenanya? agak sulit untuk dijelaskan, sebab saat ini edittag juga masih tak berhasil mencari padanan blog yang memiliki nilai diatas 6 untuk kasus blog berbahasa Indonesia (atau bisakah Anda membantu menyebutnya?).

Telaah lainnya, kemungkinan besar pula blog yang menganggur lama lebih dari sebulan juga sanggup bertahan dalam posisinya. Ini tentu bermakna relatif mengingat kemampuan blog asosiasinya, atau inbound link yang diterimanya serta ilmu SEO yang diterapkan. Dan hal ini yang terkadang tak bisa diterawang dengan mudah. Tapi secara garis besarnya, keyword dan content memang sangat menopang keputusan Google dalam memberikan nilai sebuah PR.


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com