Pengikut

Web : Agushery blogspot got 9 as PR?

Bila blog tak terurus tiba-tiba melesat dalam hal rangking Google (Google Page Ranking), apakah yang dirasa janggal?

Beberapa waktu lalu memang Google meralat ulang sistem pemeringkat web melalui Page Ranking. Makanya tak heran bila ada beberapa blog diantaranya yang terkena anugrah dan berkah dengan dinaikkanya peringkat mereka di mata mesin pencari google. Edittag termasuk yang bersyukur karenanya. Setelah hampir setahun terperangkap di peringkat ke 4, sejak 2 bulan lalu angkanya naik satu peringkat ke nomer 5. Sebuah pencapaian yang patut dibanggakan. Tentu ini tak bisa lepas begitu saja dari sumbangsih rekan-rekan blog yang masih sudi berkunjung ke blog ini. Untuk itu, itikad sesama blogger untuk saling menaut tetap akan edittag junjung tinggi. Edittag masih terbuka untuk saling bertukar tautan.

Ada satu hal yang mencemaskan dibalik berkah tak terduga ini. Beberapa situs yang menyediakan widget atau ikon pemeringkat PR (Page Ranking) masih belum mengupdate datanya sesuai dengan yang dirilis Google. Faktanya, edittag mengalami keterkejutan sesaat begitu mengetahui blog seinduk, agushery.blogspot mencapai angka 9 saat dijenguk pagi hari ini (tuh kan ketahuan lama tak disambangi!).


Terlenakah pagerank selaku penyedianya dengan melepas angka ini untuk blog yang lebih dari sebulan tak diupdate? Hal ini juga sempat meninggalkan pertanyaan akan dominasi logika selama ini yang berlaku bahwa blog yang sering diupdate akan lebih berpeluang untuk naik PR-nya.

Tapi tunggu dulu, pasti ada yang lebih masuk akal daripada tersenyum lebar tanpa ingin tahu alasannya (seraya berharap bahwa angka itu memang mutlak hehehe). Untuk mengeceknya, edittag mencoba menganalisa dari layanan serupa dari mypagerank. Dari nama domain saja sudah hampir sama, semoga saja hasilnya juga sama atau hampir sama :D.

Tak sedang beruntung kiranya mengetahui angka 7 masih bertengger dengan tenangnya seperti beberapa bulan yang lalu yang sempat dirilis di postingan edittag. Hm, ternyata mimpi angka 9 mampir di blog yang mengupas Adobe Flash Lite ini.

Bila boleh menelaah, mestinya PRnya turun ke kisaran 5 atau 6 mengingat kealpaan edittag mengupdate blognya. Blog ini memang sempat menginjak di angka 5 saat menulis postingan berbahasa Indonesia, apakah itu karenanya? agak sulit untuk dijelaskan, sebab saat ini edittag juga masih tak berhasil mencari padanan blog yang memiliki nilai diatas 6 untuk kasus blog berbahasa Indonesia (atau bisakah Anda membantu menyebutnya?).

Telaah lainnya, kemungkinan besar pula blog yang menganggur lama lebih dari sebulan juga sanggup bertahan dalam posisinya. Ini tentu bermakna relatif mengingat kemampuan blog asosiasinya, atau inbound link yang diterimanya serta ilmu SEO yang diterapkan. Dan hal ini yang terkadang tak bisa diterawang dengan mudah. Tapi secara garis besarnya, keyword dan content memang sangat menopang keputusan Google dalam memberikan nilai sebuah PR.


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

18 komentar:

  1. Ass...kang...gimana kabarnya abis dari luar sana....hehehe, di Google aku juga nggak nyangka looh..., yang tips dunia anak udah hampir mau 8 bulanan, aku hitung terus menerus di posisi ke-1,itupun kalau orang mencarikan "dunia anak", tapi kalau mencari hanya " anak " aza tetep masih halaman pertama tapi di posisi 9, masih alhamdulillah...mau coba hiks hiks narsis banget...coba deh!!!!

    oya kang gimana resep adsense yang berbahasa Indonesia, aku teh lupa lagi...terus kang kalau "adbrite" apa tuh, fungsinya buat apa .

    BalasHapus
  2. Wallaikumsalam....

    Wah betul bu, baik di google.co.id maupun google.com, keyword "dunia anak" memang lengket ke blog ibu, salut!

    resepnya? ko pake lupa segala :D, kalo lupa baca2 lagi arsipnya edittag, mudah kan?
    Adbrite itu padanannya Google Adsense, pengiklan juga. Hanya memang beda dalam perlakuan dan ketentuan penayangan maupun pembayaran iklan. Ada di kategori Adsense juga tulisan tentang Adbrite, atau mudahnya...baca buku edittag ya!

    BalasHapus
  3. kang makasih ya infonya, sok atuh mana alamat arsip tentang adsensenya, nah ... pengen buku itu tapi kemana pesennya atau aku yang kuper ya..kasih tau dong kang situsnya dimana tempat jualnya.....ataaaaau akang mau gratisan hehehe

    BalasHapus
  4. arsip adsense bisa ditengok di kategori/label adsense bu, bila tak nemu yang dicari bisa nanya langsung ke saya.

    untuk buku ada pilihan, di gramedia merdeka harganya rp. 25.000 (sekedar info kmaren minggu kesana buku saya tinggal dua saja), atau di togamas di jalan supratman, ada diskon 15% dsana. sebutkan saja judulnya "meraup dollar lewat blog", sudah pada hapal penjaganya :D

    BalasHapus
  5. mas agus lagi..ga bosen2 deh pokoknya klo liat halama editag di layar laptop
    bbrp minggu yg lalu wkt prtama2 ngeblog, sy penah ngebayangin blog sy dikunjungi bloger yg udah PR7.
    wah, ternyata mimpi ini jadi kenyataan..
    sang PR7, ngoment pula di shoutbox..
    alangkah bangga diriku ini..thanks berat mas AGUS, maju terus

    BalasHapus
  6. congratulation ya mas....
    kalo saya nggak tau deh kapan dapet pr dari om google-nya... hihihi... yang jelas, saya emang sering mampir kesini koq..., untuk menimba ilmu, dan ... siapa tau aja saya dapat pr juga.... ;)

    BalasHapus
  7. thank for you info.......
    bingung mo bilang apa lagi!!!
    keep posting ya bos....

    BalasHapus
  8. Anonim12:02 PM

    mas agus, mengapa sebuah blog bisa dengan mudahnya naik turun pageranknya, blogku kmaren PRnya 4 sekarang kok PRnya 0. penyebabnya apa ya mas?
    makasih mas

    BalasHapus
  9. pro fauzan sigma : makasih, PR bukan segalanya ko, pertemanan di blog jauh lebih kerasa enaknya....

    pro andy : makasih...moga ketularan deh....keep posting aja mas...

    pro rifai : siap bos!

    pro panji : gmana status blognya nih...jarang diupdate kah? atau berapa lama turunnya yg dari 4 ke 0?

    BalasHapus
  10. Anonim4:25 PM

    ya beberapa hari yll, dari 4 langsung jadi 0, padahal aku update terus mas, apa dipasangin adbrite atau TLA berpengaruh ya mas?

    BalasHapus
  11. TLA lah yang pantas dijadikan kambing hitam turunnya page ranking, pernah ada artikel yang menyebut perilaku google yang boleh dibilang "sentimen" terhadap rangking sebuah web/blog :(

    BalasHapus
  12. saya sudah membeli buku meraup dollar pak Hery, saya blm jelas cara pasang adsense for search, disitu ada 2 kode yg harus dipasang. caranya bgmn?

    BalasHapus
  13. bukunya bagus, tp knp y blog saya sepertinya bermasalah. T.T menyedihkan..bagaimana caranya agar blog dapat dicari di mesin pencari google maupun yahoo, soalnya sudah selama ini blog saya tidak dapat dicari di mesin pencari.

    blog saya : www.someexp.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Anonim7:25 AM

    Mas Agus, Masalah Adsense... Saya sudah daftar Adsense Google tapi belum dapat email... Katanya 1 minngu utk review... maksud apa Pihak Google?
    Why?
    Saya sudah buat Blogger.
    Terima kasih

    BalasHapus
  15. Seminggu? ada yang lebih dari seminggu untuk dapat balasan dari Adsense.
    Penentuan memang tak punya batasan waktu yang tetap, karena dilakukan manual. Bisa jadi karena lagi banyak pendaftar saat ini, atau memang ada libur disana.
    Tetap tunggu ya, karena akan ada kabar by email ko.

    BalasHapus
  16. Wih, keren mas dapet PR 9, gimana caranya tuh??

    BalasHapus
  17. salam kenal mas..
    kapan iaa saya bisa mendapatkan PR besar gto..
    yg pnting jalani dl dan update sllu kalee iaa.

    BalasHapus
  18. betul, jalani aja, dulu juga ga diniatin dapet segitu...

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer