Pengikut

10 Januari 2008

Adsense : Refferal Ads Change

Dari judulnya, bila belum mengetahui fakta yang terjadi saat ini, kita mungkin berharap akan adanya perubahan yang lebih baik dari layanan Google ini. Sama halnya saat Google Adsense menyertakan Bahasa Indonesia dalam layananya atau saat menawarkan tampilan format iklan yang berbeda.

Berharap jelas boleh saja. Tapi silahkan lanjutkan membaca postingan ini. Kali ini kejutannya bisa sangat mengejutkan. Google Adsense mengganti skema pembayaran komisi untuk Adsense Refferal untuk negara-negara di Amerika Utara, Amerika Latin dan Jepang. Itu saja? wah ini sih belum bisa dikategorikan berita buruk ya. Tunggu, bagaimana bila : para publisher di negara tercinta, Indonesia, akan menemui kenyataan ini, Adsense Refferal akan ditiadakan!

Praktis pemain Adsense di Indonesia, publisher, tentunya yang mendaftarkan blognya dengan konten Bahasa Indonesia, hanya menyisakan Adsense for Search untuk dioptimalkan. Penggunaan banner referensi untuk download Firefox dan lainnya juga kemungkinan bisa berganti. Peluang yang menipis ini tentu jadi perhatian utama. Apalagi yang bakal dilakukan Google Adsense selanjutnya?

Dulu, pasti ingat akan tawaran $250 yang bisa didapat bila dalam 180 hari setelah bergabung dengan program ini publisher mengumpulkan $100. Hal seperti ini masih berlaku di negara-negara dalam zona yang tersebut diatas, dan jumlah dollar pun disesuaikan (dikurangi). Nantinya pilihan Adsense for Refferal ini akan berangsur-angsur di hilangkan di bulan Januari ini, meski tampilan bannernya yang sudah terlanjur dipasang tetap muncul.

Yah, ambil pertimbangan positifnya saja, toh kita tak mampu memaksakan kehendak kepada Google. Mereka tetap petinggi yang memegang kekuasaan penuh. Jelas, mereka yang pegang dollarnya :). Ini semakin mengingatkan kita bahwa bermain Adsense meski tetap menjunjung tinggi norma yang berlaku. Bisa jadi ini dipicu banyaknya pemain Adsense yang tak tahu aturan main sehingga seenaknya menyebarkan kode refferal melalui iming-iming menggiurkan.

Ada hal yang perlu diingat, mengelola blog dan meraup dollar adalah dua kegiatan yang berada di jalur yang berbeda (meski kini banyak yang menggabungkan rel kedua jalur ini). Tandasnya, fokuskan ke konten. Karena masa depan blog ada pada konten. Iklan akan senantiasa mencermati blog dengan minat yang menarik pembacanya. Penyedia layanan penyumbang uang boleh datang silih berganti, tapi tidak dengan jiwa penyeimbang pikiran dan pembuka wawasan yang diusung blog. Mengikuti ucapan Mas Kukuh : banyak yang kita dapat dari aktivitas blogging,misalnya pengetahuan, wisdom, hubungan pertemanan/persahabatan, jobs, kerjaan projek, inspirasi hidup, wawasan hidup, pengertian/respect antar sesama, trust dari orang lain yang belum kita kenal sebelumnya...dan sebagainya. it is more important than money...

Tulisan diatas dicomot dari FAQ-nya kumpulblogger.com.

Eh sudah tahu belum ya kalo kumpulblogger.com juga bisa jadi alternatif untuk ini? Relatif baru usianya, dilaunching 2 Januari 2008 lalu. Dan bagusnya, blog berbahasa Indonesia bisa melenggang bebas untuk mengikuti program ini. Wah ini bagaikan menemukan oase baru setelah kering membaca rencana Adsense diatas :)



Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com