Pengikut

16 Januari 2008

Edittag : Got 6!

Belum terhitung lama sejak pemunculan status rangking google yang mengagetkan di blog yang juga seinduk dengan edittag, dua hari lalu gantian edittag yang dikagetkan oleh pernyataan Az&fa melalui pesan singkat di shoutmix :

wah ganti baju rangkingnya jadi naik 6 nih.... mantappp :)


Terima kasih sudah dikabari. Page Rangking (PR) 6? benarkah itu?

Coba melakukan banyak cek silang di beberapa penyedia banner status PR memang semuanya sepakat untuk mematok angka 6 di blog ini. Edittag yakin, ini tak ada hubungannya dengan ganti baju atau penambahan beberapa baris informasi di profil edittag dengan menyebut beberapa kata yang dikenal baik sebagai kata kunci (keyword) tepat sehari sebelum PR berganti.

Sebab hal ini juga banyak dialami rekan blogger lainnya, misalnya nieth, info-baru dan jogja-inside. Mereka juga mendapat hibah dari google berupa penaikan peringkat ranking.

Jadi jelaslah bahwa ini memang karena pergantian pemberian rating oleh pihak Google secara berkala ke setiap web/blog secara global. Hanya saja kita tak akan tahu penggantian ini selain bila kita memasang status PR di blog.

Nah, tentu ini prestasi yang mengasyikan bila blog kembali diapreasi dengan baik oleh pihak Google. Jadi apa saya yang memungkinkan hal ini bisa terjadi? edittag sebatas menduganya dari :

1. Kesesuain keyword dengan content blog
Keyword masih memagang kendali ampuh untuk urusan ini. Tapi jelas tak semata-mata pengaruh ini. Keyword juga mesti disandingkan dengan kenyataan postingan postingan yang merujuk kepadanya.

2. Link menuju web/blog yang memiliki kesesuaian konten.
Ini adalah turunan dari keyword. Bila keyword bertugas memetakan potensi konten sebuah web/blog, maka selanjutnya konten yang bersliweran diantara blog yang saling berkaitan di sisi konten bisa jadi pengaruh yang lumayan besar. Tentunya ini bisa menguatkan persepsi yang dibangun dari keyword diatas. Ini pula yang disebut Google dalam sebuah artikelnya. Google hanya menyebutkan high-quality sites. Jadi lebih lebar spektrum radar yang dilakukan. Hanya saja selama ini edittag lebih sering menemukan kesesuaian konten sebagai obat ajaibnya. Lagipula apa makna high quality yang dimaksud google ya?

Tentu ada hal di luar kedua faktor tadi sebagai pembangun yang jelas terhadap kenaikan PR. Edittag masih sempit pemahaman mengenai beberapa anggapan di luaran sana yang menyebut faktor lainnya. Misalnya kedapatan link dari web/blog yang punya PR lebih tinggi. Tapi bila dikaitkan dengan kesamaan konten dari blog yang lebih tinggi PR-nya, itu sama saja dengan point kedua diatas kan?

Atau juga anggapan banyaknya link di blog bisa membawa pengaruh positif terhadap PR. Ini juga masih relatif. Edittag pernah mencoba memasang banyak link dan sedikit link pada satu blog dan pengaruhnya tak memuaskan. Coba bila jumlah link yang banyak terssebut dipangkas dalam jumlah sedikit dengan hanya menyisakan link kepada blog yang sesuai dengan konten blog, akan sama hasilnya bila memajang semua link. Lagi-lagi menegaskan link ke konten yang sesuai berpengaruh baik terhadap nilai.

Paling tidak, ini sekaligus mematahkan pendapat bahwa ada yang beranggapan bertukar link dari PR tinggi ke rendah dibilang merugikan. Edittag tak melihat kondisi ini. Pemasangan link ke blog yang lebih kecil jelas bukan upaya penggembosan nilai sebuah PR. Malah bisa jadi menguntungkan, manakala kita (sekali lagi) terhubung ke blog dengan kesamaan konten. Eh ada loh blog yang setelah di pajang linknya malah berganti tema blognya :)

Dan bolehlah edittag tersenyum bila ada sebuah website yang menyediakan pertukaran link dengan syarat sejumlah donasi bila ingin memiliki PR yang lebih tinggi. Tengok gambar berikut :



Wah kayaknya PR juga bisa dibisniskan ya? Berati bila ada yang mau pasang di agushery yang PR 7 dan edittag yang PR 6 mesti bisa mengikuti langkah serupa dong? atau perlukah disediakan kotak kencleng di blog ini :D

Makanya, PR itu juga bisa membuka pintu rejeki loh....


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com