Pengikut

Edittag : Got 6!

Belum terhitung lama sejak pemunculan status rangking google yang mengagetkan di blog yang juga seinduk dengan edittag, dua hari lalu gantian edittag yang dikagetkan oleh pernyataan Az&fa melalui pesan singkat di shoutmix :

wah ganti baju rangkingnya jadi naik 6 nih.... mantappp :)


Terima kasih sudah dikabari. Page Rangking (PR) 6? benarkah itu?

Coba melakukan banyak cek silang di beberapa penyedia banner status PR memang semuanya sepakat untuk mematok angka 6 di blog ini. Edittag yakin, ini tak ada hubungannya dengan ganti baju atau penambahan beberapa baris informasi di profil edittag dengan menyebut beberapa kata yang dikenal baik sebagai kata kunci (keyword) tepat sehari sebelum PR berganti.

Sebab hal ini juga banyak dialami rekan blogger lainnya, misalnya nieth, info-baru dan jogja-inside. Mereka juga mendapat hibah dari google berupa penaikan peringkat ranking.

Jadi jelaslah bahwa ini memang karena pergantian pemberian rating oleh pihak Google secara berkala ke setiap web/blog secara global. Hanya saja kita tak akan tahu penggantian ini selain bila kita memasang status PR di blog.

Nah, tentu ini prestasi yang mengasyikan bila blog kembali diapreasi dengan baik oleh pihak Google. Jadi apa saya yang memungkinkan hal ini bisa terjadi? edittag sebatas menduganya dari :

1. Kesesuain keyword dengan content blog
Keyword masih memagang kendali ampuh untuk urusan ini. Tapi jelas tak semata-mata pengaruh ini. Keyword juga mesti disandingkan dengan kenyataan postingan postingan yang merujuk kepadanya.

2. Link menuju web/blog yang memiliki kesesuaian konten.
Ini adalah turunan dari keyword. Bila keyword bertugas memetakan potensi konten sebuah web/blog, maka selanjutnya konten yang bersliweran diantara blog yang saling berkaitan di sisi konten bisa jadi pengaruh yang lumayan besar. Tentunya ini bisa menguatkan persepsi yang dibangun dari keyword diatas. Ini pula yang disebut Google dalam sebuah artikelnya. Google hanya menyebutkan high-quality sites. Jadi lebih lebar spektrum radar yang dilakukan. Hanya saja selama ini edittag lebih sering menemukan kesesuaian konten sebagai obat ajaibnya. Lagipula apa makna high quality yang dimaksud google ya?

Tentu ada hal di luar kedua faktor tadi sebagai pembangun yang jelas terhadap kenaikan PR. Edittag masih sempit pemahaman mengenai beberapa anggapan di luaran sana yang menyebut faktor lainnya. Misalnya kedapatan link dari web/blog yang punya PR lebih tinggi. Tapi bila dikaitkan dengan kesamaan konten dari blog yang lebih tinggi PR-nya, itu sama saja dengan point kedua diatas kan?

Atau juga anggapan banyaknya link di blog bisa membawa pengaruh positif terhadap PR. Ini juga masih relatif. Edittag pernah mencoba memasang banyak link dan sedikit link pada satu blog dan pengaruhnya tak memuaskan. Coba bila jumlah link yang banyak terssebut dipangkas dalam jumlah sedikit dengan hanya menyisakan link kepada blog yang sesuai dengan konten blog, akan sama hasilnya bila memajang semua link. Lagi-lagi menegaskan link ke konten yang sesuai berpengaruh baik terhadap nilai.

Paling tidak, ini sekaligus mematahkan pendapat bahwa ada yang beranggapan bertukar link dari PR tinggi ke rendah dibilang merugikan. Edittag tak melihat kondisi ini. Pemasangan link ke blog yang lebih kecil jelas bukan upaya penggembosan nilai sebuah PR. Malah bisa jadi menguntungkan, manakala kita (sekali lagi) terhubung ke blog dengan kesamaan konten. Eh ada loh blog yang setelah di pajang linknya malah berganti tema blognya :)

Dan bolehlah edittag tersenyum bila ada sebuah website yang menyediakan pertukaran link dengan syarat sejumlah donasi bila ingin memiliki PR yang lebih tinggi. Tengok gambar berikut :



Wah kayaknya PR juga bisa dibisniskan ya? Berati bila ada yang mau pasang di agushery yang PR 7 dan edittag yang PR 6 mesti bisa mengikuti langkah serupa dong? atau perlukah disediakan kotak kencleng di blog ini :D

Makanya, PR itu juga bisa membuka pintu rejeki loh....


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

34 komentar:

  1. punyaku masih 3 :(

    BalasHapus
  2. congratulation bro.. baru beberapa hari kemarin PR ku naek jadi 4 setelah lama sekali berkutat di posisi 3 gak tau juga penyebabnya kenapa... hemmh dinikmati aje soale maksud pasang PR ntu karena bagus aja warnanya ada ijo-ijonya:)

    BalasHapus
  3. Anonim4:36 PM

    Mas Hery, sebenarnya aku ragu nih dengan PR Google..aku sedikit heran dengan pemberian PR Google, Aku punya 1 blog Indonesia, 2 blog Inggris..blog Indonesia ku ini dari segi pengunjung paling banyak dibanding dengan blog Inggrisku, lalu aku giat tukaran link, mungkin sudah mencapai 100an link..tapi tetap saja PR nol..sedang blog Inggris ku baru aku buat sekitar 1 bulan, jarang diutak atik, jarang di link exchange, pengunjung bisa dihitung pake jari tapi PR nya bisa 3 dan 2..terus yang PR nya 3 posisi di ALEXA Rangking nangkring diposisi 12..so sebenarnya faktor apa saja sih yang dipakai buat nilai PR itu?

    BalasHapus
  4. oh ya Nb dikit niih.. iseng-iseng cek popularitas link..di http://www.searchengineoptimising.com/link-popularity-check
    hasilnya :
    punya saya : 4228
    edittag : 68970
    ha..ha..ha.. Jomplang banget yaa..!! :D

    BalasHapus
  5. Anonim7:48 PM

    Selamat yah! Aku udah subscribe RSS feed, posts yang menarik. You deserve it!

    BalasHapus
  6. selamat ya mas, blog sampeyan mengagumkan kok, populer dan pr-nya tinggi, padahal gratisan loh, di blogger pula, padahal pula saat ini orang-orang rame rame pindahan ke domain sendiri.

    bravo!

    BalasHapus
  7. Anonim11:46 PM

    wah selamat yah... (berdoa supaya dapat seperti mas agushery)..... Amin

    BalasHapus
  8. wah..makin mantep aja nih.
    sukses terus buat kang Agus.

    BalasHapus
  9. Anonim11:54 PM

    Selamet ya...
    Padahal aku ga ngerti :D

    BalasHapus
  10. Anonim12:35 AM

    tepuk-tepuk...wah yang pr nya 6
    aku ja ga pernah ngerjain pr..

    *mode masa esde ON

    BalasHapus
  11. pro luthfi : naek satu-satu bung, 3 ke 4 adalah kenaikan yang paling sering ditemukan. keep posting dan goda pengunjung tuk mampir

    pro ghuroba : hahaha....warna ijo memang menyegarkan ya...atau siapa tau mau ikutan pake warna ijo macem blognya edittag? layoutnya gratisan ko....

    pro tony : boleh tahu blog bahasa inggrisnya materinya tentang apa?

    pro hans : makasih om!, jadi semangat nulis nih....

    pro herru : jadi ketahuan nih maunya edittag, kan pengen buktiin bahwa blog gratisan itu bisa sangat powerful. jadi tak perlu ragu gunakan blog gratisan, toh bisa pula mencapai nilai baik di mata google. dan edittag moga bisa jadi contoh blog yang bisa mematahkan kepercayaan blog bagus itu harus blog dgn domain dan hosting sendiri. hidup blog gratisan!

    pro riff : tentu bisa, blognya bisa punya peluang yg sama dgn edittag. bersemangatlah dalam menulis.

    pro sachroel : makasih wong jepang!

    pro ivo : ga ngerti? paling ga tahu sekarang kan kalo pr juga jadi bagian strategis mempopulerkan blog :)

    pro erween : jangan ingat2 masa lalu dong...ato jangan2 karma karena sering lupa kerjain pr skolah :D

    BalasHapus
  12. Anonim10:13 AM

    Selamat yah kang, walaupun bunda ga ngerti hihi... sama kaya ivo...

    BalasHapus
  13. Aku sependapat dg Bang Agus Hery, kalo blog gratisan bisa juga power full nggak perlu keblinger teknology dan fasilitas yg ada di dunia maya, hehe..sama2 idealis nih kayanya....
    Buatku PR dan Trafic adalah untuk barometer aktivitas ngeblog kita dan ukuran peningkatan wawasan di dunia maya (motivasi yg lebih bersifat personal).
    Dari awal ngeblog aku jg cuma tersenyum sama org2 yg ngaku SEO Master dan sejenisnya yg beranggapan se-simple itu bisa membaca dan menjabarkan algoritma google, ada ribuan mungkin puluhan ribu pakar yg bekerja utk google pakar SEO, Programming, Hacking, Networking, Marketing..pokoknya hamppir semua bidang google punya pakarnya sebagai pembuat dan pendukung product nya.
    dah capek nih mau nulis lagi..

    Salam ngeblog aja Bang Agus!

    BalasHapus
  14. Ehem, saya agak bingung dengan pernyataan Mas Agus di postingan saya kemarin. Tapi memang setiap saya coba nyari di Google dengan keyword "Jogja" saja, blog saya entah di mana letaknya. Tapi kalo keywordnya "Inside Jogja", atau "Jogja features" langsung deh masuk 10 besar. Btw, setuju banget dengan pendaat bahwa relevansi antara keyword-content dan link yang se-niche lebih berpengaruh terhadap PR. Biar punya link 1000 tapi kalo gak ada yang nyambung malah dianggap SPAM. Bener nggak sih? :p

    BalasHapus
  15. Anonim2:19 PM

    Selamat mas PR 6, saya iseng ngecek lasya butik di mypagerank.net ternyata dapat PR 4 , salah nich kayaknya mas google, nggak ada isinya dapat PR 4

    BalasHapus
  16. Anonim3:21 PM

    ehm..kang, bunda juga ikutan ngecek pagerank bunda eeh..dapet 4 lumayan kan? hihi...

    BalasHapus
  17. ayo rame2 ngecek PR...ketinggalan nih jadinya ngasih komentnya...!! selamt ya mas PR nya dah 6 dan juga Bunda dah punya PR 4..!! tapi kalau buat saya lebih banyak pengujung dari pada tinggi PRnya apa lagi seperti edittag banyak pengujung trus PRnya Tinggi..tentunya seneng bgt dong di tambah lagi dengan banyaknya advertising...Mantap bisa memanjakan istri di rumah tuh...!! he.he..he..

    BalasHapus
  18. pro iwan dan eko : makasih analisanya, setuju pokona mah :)

    pro lasya butik : google ga salah bu, mestinya bersyukur kan :)

    selamat juga bunda azra untuk 4nya!

    pro eko priyanto : duh jadi malu mas...aku anggap doa ya....makasih bgt!

    BalasHapus
  19. Anonim10:45 AM

    Setelah dapat PR 4 saya jadi bingung, trus gunanya untuk apa ya mas... saya tahunya cuma bordir sama payet, tolong dijelasin..Matur Nuwun Sanget

    BalasHapus
  20. jadi gambaran besar yang bisa saya kasih tahu begini bu, semakin tinggi rangking yg diberikan google, maka akan semakin mudah tampil di halaman utama halaman pencarian mesin pencari google. itu bisa jadi berujung manis bu, misalnya blog kita akan lebih mudah dikenal orang, atau ada banyak yang merujuk ke blog kita saat melakukan pencarian sesuatu misalnya. tentu pencarian dengan kata khusus yang sesuai dengan tema atau kata2 khusus di blog kita.

    BalasHapus
  21. Anonim9:40 AM

    Terima kasih mas penjelasannya, makanya saya cari kata "butik" sudah ada di halaman pertama Google.

    BalasHapus
  22. Anonim11:00 PM

    blog Inggris ku materinya tentang berbagai tip yang aku kumpul dari berbagai sumber kang Hery...bisa rangking 3, padahal jarang di urus..karena gitu buat rangking tiba2 tinggi, jadi semangat nih terusin hehehe...yang indonesia ku urus mati2an rangking nol besar...ga pede deh hehehehe
    tapi gak papa itu bukan tujuan utama, yang penting untuk tambah pengahuan aja, soal aku belajar blog baru 2 bulan terakhir ini

    BalasHapus
  23. baru 2 bulan ini? itu artinya kerjaan yang excellent ton! aku juga punya pengalaman yang sama, jadi blog bahasa inggris memang punya pengaruh cukup buat merayu pr Google. bahkan pernah blog yang sama aku isi konten bahasa indonesia eh malah turun prnya, begitu balik ke inggris lagi naik. agak sentimen kah dengan bahasa indonesia :)?

    BalasHapus
  24. Anonim10:55 AM

    Yang Inggrisku belum ada 2 bulan kang, baru 1 bulan kali..bisa PR 3..Terus kang di Alexa bisa Rangking 12 itu bagus apa gak ya? Yang Indonesia ku alexa rangking 6 jutaan..kadang aneh nya ya disitu...apa karena Inggrisku aku pake tips trick judulnya jadi bisa begitu ya..pengunjung aja gak nyampe 300 orang..karena awalnya iseng2 aja untuk adsense..oya selamat nih PR nya naik 6..moga2 ga lama lagi naik lagi :)

    BalasHapus
  25. ya ton, alexanya bagus tuh kalo rangkinya bisa 12, oh blognya emang MFA, makanya ga ngira ya :)
    kalo dah gini tinggal satu kata nih : optimalkan terus blog inggrisnya, bisa jadi revenuenya juga meningkat dengan rangking yang bagus ini..

    BalasHapus
  26. Anonim8:03 PM

    Wah jadi semangat nih mas Hery...apalagi ada support untuk spiritnya..hehe..padahal blog asal jadi..ga kira dikasih "penghargaan" begitu hehehe..oya sekalian balas kunjungan di chat box aku mas, kabar baik..hanya saja cuaca disini panas minta ampun..

    BalasHapus
  27. Anonim11:19 PM

    Selamat yah... :)
    Punyaku masih belum berkutat dari 0, tapi ada juga blogku yg baru 1 bulan prnya langsung 3, padahal pengunjungnya dikit...
    bingung jadinya...

    BalasHapus
  28. bingung skealigus bahagia tentunya ya.....slamat utk itu...tak perlu dirusingkan oleh penilaian mereka..selama masih bagus kita syukurin aja ya....:D

    BalasHapus
  29. sedang mengejar untuk segera naik ke PR 5. uh...semangat333x

    BalasHapus
  30. pr6 gara2 sering dikunjungi Globbers™ ya :P

    BalasHapus
  31. selamat yach mas, naek PR :) makin keren aja nich

    BalasHapus
  32. selamat yaa kang..
    eagle tetap bertahan di PR 3

    BalasHapus
  33. selamat mas ....PR naik terus nihhh....ini lagi berjuang agar PR segera naik
    http://www.hc-arsitekrumah.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mas!
      Ini juga masih berjuang bisa naik lagi :D

      Hapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer