Pengikut

01 Januari 2008

Edittag : Celebrate New Year with New Layout

Banyak cara dilakukan menyambut kedatangan tahun baru. Kegiatan seperti berlibur ke Puncak, mentraktir teman, mengenakan baju terbaik (seperti budaya di negeri Jepang), hingga mengubah tampilan rambut menjadi hal yang lumrah dilakukan saat ini. Semuanya menyumbangkan sugesti positip bagi pelakunya. Berharap agar peruntungan di tahun ini jauh lebih baik di tahun sebelumnya.

Blog ini pun ikut berbenah. Mengenakan tampilan baru tentu digadang-gadang mampu membantu mewujudkan keinginan terbaik. Beberapa pengunjung yang terbiasa disuguhi tampilan putih dan biru dengan dua kolom akan terheran-heran menemui perubahan blog ini. Seperti Qolby yang sempat mengira tersesat saat disuguhi tampilan baru. Warna biru tergusur secara sistematis ke arah hijau. Kolom kanan kini terbelah menjadi dua bagian. Sengaja mengganti untuk sekedar ikutan tren memasuki tahun 2008 kah?

Tentu alasan awalnya bukan. Tampilan terakhir masih terhitung belum begitu lama digunakan. Jadi tak pantas beralasan karena bosan dengan tampilan lama. Alasan utama adalah keluhan banyaknya waktu yang dihabiskan untuk membuka blog ini. Sebut beberapa nama sebagai contohnya, yakni Lasya Butik, Nure atau Meity. Ketiga nama ini bisa mewakili keluhan yang sama yang sempat masuk di Yahoo! Messenger. Tak tega dengan kondisi ini, edittag sengaja melakukan pengujian dengan menghitung berat blog. Hasilnya memang cukup beralasan, blog ini memiliki Total HTTP Requests sebanyak 67 dan membutuhkan waktu 59.03 seconds dengan menggunakan koneksi ISDN 128 K. Sedangkan tampilan saat ini dipangkas menjadi 45 Total HTTP Requests dan 55.31 seconds untuk waktu yang diperlukan. Tak terlalu berat namun relatif lebih ringan. Semoga diamini pengunjung yang lain.

Urusan widget atau elemen halaman bisa menjadi penyebab lamanya waktu loading. Sebelumnya sempat menggunakan 29 elemen halaman. Jumlah yang terlalu banyak dalam satu blog. Belum jumlah link dalam deretan teman-teman edittag yang berjumlah 279 alamat blog yang ditampilkan secara utuh di bagian Footer. Meski berujud teks yang dikenal ringan, namun butuh waktu lama saat dimigrasikan ke layout yang baru. Akhirnya ditempuh jalur ringan dengan menumpangkannya ke layanan Blogrolling. Tampilannya juga diberikan wadah untuk lebih mudah dikelola.

Ruang iklan akan diberi jatah kepada Amazon agar lebih terlihat kali ini. Kemana iklan-iklan dari Adsense yang dimunculkan sebelumnya? Sambil menunggu penyetelan lebih lanjut, Adsense untuk sementara disembunyikan. Bukankah ini merugikan buat edittag? Jawabnya : Tentu saja. Namun tentu tak adil bila hanya memikirkan hal ini. Ada untungnya memiliki blog lain yang bisa saling mendukung. Dan tentu pengunjung tak ada yang rindu hanya alasan munculnya iklan Adsense disini kan? :D

Terakhir, semoga semangat tampilan yang segar ini bisa mewakili keinginan sang pemilik blog agar lebih indah dipandang, segar dalam penyampain posting dan memudahkan untuk diakses pembacanya. Terima kasih, dan dihari pertama tahun 2008 ini, ijinkan edittag mengucapkan selamat tahun baru 2008, semoga tahun ini bisa memberi pencapain yang lebih baik dan membahagiakan semuanya. Amin.


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com