Pengikut

03 Maret 2008

Edittag : Back to Cianjur


Tak mau kalah dengan kegiatan Gubernur Jawa Barat, Bapak Danny Setiawan, yang meresmikan Gedung "Bale Pawarti" di Kabupaten Cianjur (yang konon menjadi gedung perwakilan PWI termegah di Indonesia), hari Sabtu lalu Edittag juga tak mau kalah menginvasi kota ini. Bila Gubernur berurusan dengan para wartawan yang tergabung dengan PWI guna mendukung program Gerakan Gemar Membaca, maka Edittag kebagian peran mengajak para guru untuk ramai-ramai nge-Blog!.

Serupa dengan kegiatan serupa yang pernah dilakukan Edittag sebelumnya, kali ini Edittag bertemu dengan lebih banyak guru dari lingkungan sekitar Cianjur. Termasuk juga guru-guru yang sengaja datang dari Cipanas hingga Sukabumi. Terhitung sekitar 125 guru secara antusias datang ke MTs Sayang di Cianjur guna mengikuti "Training Blog dan Internet Dasar" yang kali ini mengangkat Tema : Internet Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Guru dan Siswa.

Tak pelak, guna memuluskan acara ini Edittag sempat berburu ke beberapa blog guru untuk melihat sejauh mana penggunaan blog sebagai media interaktif untuk keperluan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dengan ditayangkannya beberapa contoh blog ini , para guru akan merasa nilai kegunaan sebuah blog guna menunjang kegiatannya sebagai guru. Deskripsi mengenai fungsi blog, fitur dan kemampuannya dalam menyampaikan materi pengajaran menjadi nilai utama yang perlu dikupas. Juga beberapa blog siswa yang masih berstatus pelajar SMP agar menyemangati para guru untuk memahami bahwa mengelola sebuah blog adalah sebuah kegiatan yang mudah dilakukan.

Belum lagi dengan dukungan pemerintah dengan penyediaan infrastuktur melalui Jardiknas menjanjikan kemudahan bagi para guru yang berada jauh dari kota besar untuk tetap bisa terhubung melalui jaringan Internet. Jadi tawaran nge-blognya tentu tak akan sia-sia nantinya bila di sekolah guru bisa menyiapkan Bahan Ajar, mengunggahnya ke blog, menjadikanya ruang terbuka untuk belajar bagi siapa saja yang mengaksesnya, agar proses transfer teknologi ke anak didik memiliki beragam pilihan yang menyenangkan.

Sukses untuk guru di Cianjur.





Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com