Pengikut

Think Alexa Ranking When PR Is't Enough

Senyampang hari ini adalah hari libur dan tinta merah di kalender mendukung keyakinan edittag bahwa hari ini memang liburan nasional (duh yang kerja di internet memang kejam : tak mengenal kata libur), maka senyawa postingan kali ini juga lebih "tenang" daripada biasanya.

Sebenarnya pantas tidak ya, menyebut kabar penurunan dan kenaikan PR Google yang begitu menggema di seantero blogosphere beberapa hari terakhir disebut "tenang". Di blog lain, kabar ini memang menjadi isu hangat, topik hari ini, atau bahkan kabar paling ditunggu-tunggu mengalahkan kasus blog lainnya.

Blog edittag ini kembali ke posisi 4 alias turun 1 peringkat. Cek blog lain yang juga dikelola edittag juga menyebut angka yang berbeda-beda. Ini adalah sebuah kisah klasik dimana salah satu blog turun peringkatnya, saat yang bersamaan yang lain malah merangkak naik. Bagi yang bermain review beberapa hari belakangan memang terjadi gonjang ganjing. Ada yang bergegas bersemangat penuh mendaftarkan blog yang naik peringkatnya ke program review, di saat yang lain mereka juga kembang kempis karena "hasil selingkuhan" dengan program review diganjar negatif oleh Google.

Tak heran bila mendengar para blogger lebih menyukai Alexa Page Ranking daripada Google PR. Di Alexa, permainan menjadi lebih terbuka dengan aturan mengambang : didasarkan pada jumlah kunjungan yang diterima sebuah website atau blog melalui Alexa Toolbar yang telah terinstall.

Berangkat dari hal ini, peluang untuk menjaga dan mengangkat ranking menjadi semakin termotivasi. Cukup mengoptimalkan kunjungan. Dari sini ide untuk merangkul banyak pengunjung terdefinisikan dengan bergabung ke forum, milis, mengisi shoutbox agar mendapat kunjungan balasan atau juga menyediakan pilihan pembacaan feed dan subscribe via email.

Sembari berpikir demikian, edittag menemui kenyataan yang makin ramai saja saat ini. Yakni penggunaan micro blog seperti Twitter dan juga Ping.fm sebagai media ampuh untuk menggoda kunjungan ke situs tertentu. Gerakan ini sudah banyak dilakukan oleh mereka di kalangan Webmaster Eropa (menurut geografi pemilik situs yang terlacak). Cara kerjanya sederhana, mereka "pura-pura" tertarik dengan kisah kita di Twitter, lalu mereka menjadi pendengar yang setia dengan mengklik link "Follow" sebagai pengikut pembaca. Tapi ayolah, apakah mereka benar-benar paham tulisan mikro blog edittag yang menggunakan Bahasa Indonesia. Tapi baca temuan di Google berikut :

Some webmasters have suggested that East Asian web users are big Alexa toolbar fans, judging by the presence of several Asia-based websites in the Alexa Top 500. I suggest trying this only if you have the time or capacity to do so.


Tuh Asia, kita jadi target mereka loh saat ini. Jadi jangan heran bila tiba-tiba ada bule yang demen dan ngotot pengen gabung ke Twitter. Tapi juga jangan buru-buru menolak, karena selalu ada timbal balik yang bisa kita manfaatkan dari sini. Postingan kita bisa saja dibaca betulan oleh mereka. Jadi, tetap pegang teguh pedoman "jangan menaruh telur di keranjang yang sama" ya!

Postingan sejenis :
- Memasang widget Alexa.
- Perubahan Ranking di Alexa.


25 komentar:

  1. Anonim11:50 PM

    pr google saja tidak cukup sekarang ya... butuh alexa, technorati dan popuplink... setidaknya untuk mereka (saya) yg suka ngebidd... :D

    BalasHapus
  2. Anonim12:15 AM

    punya ku tadinya Pr 2 sekarang 0 walah..!!

    BalasHapus
  3. rank alexa memang memberi semangat buat blogger untuk meningkatkan trafict dengan kunjungan.. sementara itu yang menjadi pegangan saya dalam rank page. Google menilainya dari algoritma search engine nya sendiri.. Dua buah indikator berlainan tapi bila dipenuhi semua akan bertambah bagus hasilnya..

    BalasHapus
  4. Anonim12:08 PM

    waduh, saya sekarang bingung gak tau harus gimana lagi cara meningkatkan PR atau alexa... soalnya udah diusahain gimana aja tetap aja PR atau alexa blogku rendah karena para bloger sekarang agak susah diajak tukeran link.

    Saya sekarang lebih fokus membuat artikel dengan kata kunci yang belum dimuat blog lain. Hasilnya lumayanlah untuk pemula macam blog saya, dari search engine aja bisa dapet 50 - 60 pendatang baru perhari belum termasuk dari no referer (blog mas agus pasti lebih banyak lagi).

    Ngomong-ngomong mas agus (atau yang lain) mau gak ya diajak tukeran link sama blog saya he he he, soalnya saya udah ngelink blog mas dalam salah satu postingan saya.

    Salam

    BalasHapus
  5. Anonim1:19 PM

    saya lebih demen alexa rank, apalagi pr saya jeblok lagi. dari 4 ke 2 ;p. tapi alexa na naek terus,, untung aja masih dapat job2 paid review,, :)

    BalasHapus
  6. Anonim4:59 PM

    kalau page rank naik sebenernya apa dampak dan manfaatnya kang?? krn rasanya kok ga ngaruh ma traffic??

    BalasHapus
  7. kalo page rank yang dimaksud adalah PR dari Google, memang mereka menilai bukan dari trafik kunjungan, jadi memang PR tak serta merta jaminan petunjuk bahwa trafik akan meningkat tajam. meski diakui bahwa PR lebih tinggi akan terpampang di hasil pencarian google lebih baik (diutamakan), dan ini bisa saja relevan dengan kunjungan yang mungkin kita terima.

    BalasHapus
  8. Entah mana yang lebih "organik". Karena toh keduanya (alexa dan Google) sama-sama "tenang" juga dengan algo seperti itu. Tapi memang jika alexa 'hanya' bermain dengan toolbarnya, maka rasanya ada yang lebih organik dari sekedar PR dari Search Engine. Baik Google atau Yahoo.

    Maksud saya, sebuah angka mana yang lebih mendekati kemiripan dengan "makhluk hidup" ya kang. Walau sebenarnya tingkat interaksi yang saya coba raih bukan dengan mereka, tapi dengan pembaca saja. Sedang parameter itu, cuma sebagai tambahan undangan untuk yang belum sempat datang.

    BalasHapus
  9. Anonim6:26 AM

    siap laksanakan nasehatnya, Kang...
    salam hangat dr semarang lagi...

    BalasHapus
  10. Anonim10:06 AM

    PR saya dari telur udah ada ke 1!!! syukur... akhirnya penat lelah beberapa lama terbalas. terima kasih juga kepada rakan2 yang sudi mengunjung blog ku...

    BalasHapus
  11. Anonim2:51 PM

    Lapor Kang Agus, Blog saya juga turun dari 4 menjadi 3. Itu terjadi setelah pasang iklan/sponsor. Hiksss

    BalasHapus
  12. iya nih, pr saya turun jadi 3. mana saya jarang2 posting lagi. klop dah. hehehe..

    BalasHapus
  13. kadan bikin seteresss aja kang ilmu2 ini kecuali ngeblog datar tanpa harap hasil barankali pikiran tenang :)

    BalasHapus
  14. walah, kok ya beneran pada rame masalah PR :D tp bukan PR sekolah kan ya... xixixi
    lieur pak, masih nol PR sy :(

    BalasHapus
  15. Anonim3:13 AM

    aku masih bangga dengan page rank nol dan traffic alexa 3 juta. Semuanya membuatku semangat untuk bisa-bisa-dan bisa "i can do it" perlu dukungan dari teman teman untuk dapat mendapatkan hasil dari kata BISA

    BalasHapus
  16. Anonim7:51 PM

    saya lebih parah dari PR 4 ke 0 kebanyakan review sih he he he sabar

    BalasHapus
  17. Anonim9:28 PM

    Wah, saya lagi sedih nih mas, semua blog saya turun semuanya PR-nya, bahkan ada yang nol, asem tnan!!!

    BalasHapus
  18. Anonim9:31 PM

    Blog saya dari 2 jadi 0. Aduh Google sayang, sungguh tega dirimu!

    BalasHapus
  19. Anonim1:34 PM

    Mas Agus, gimana dengan tulisan Mbak Nailal Nadine bahwa rangking di Alexa bisa di manipulasi dengan menginstall Alexa Toolbar, selanjutnya mengunjungi blog kita dan melakukan refresh sebanyak-banyaknya. Seandainya benar rangking alexa bisa dimanipulasi seperti itu, maka pantas juga seandainya rangking alexa juga harus dipertanyakan.

    BalasHapus
  20. ya, selama kita akytifkan toolbarnya kita akan dianggap melakukan tindakan yang diperbolehkan dan bisa meningkatkan peringkat disana. coba deh sendiri....

    BalasHapus
  21. wah Blog saya PR nya turun semua gara gara jarang di update

    BalasHapus
  22. kecurigaan yang mestinya ga perlu dicari benar tidaknya, tapi memang update adalah kegiatan yang penting. ada memang yang menyebut update ga perlu, terutama untuk media non blog, seperti situs komersil yang memang kontenya statik, dan PR kadang bisa bertahan awet di posisi tertentu.

    BalasHapus
  23. Anonim11:03 AM

    bingung nih ama PR, ada satu blog saya yg lompat dari nol ke 4 padahal ga gitu saya maintain, eh yg saya maintain agak serius malah turun dari 2 ke nol,
    Alexa lebih obyektif kali yah, selalu sesuai sama target dan ekspektasi saya

    BalasHapus
  24. Happy Blogging

    Just go blog jangan mikirin peringkat :)

    Pusing Gitu Lho...

    BalasHapus
  25. ya ...setuju sama kang rio2000, bagaimanapun content yang terupdate secara teratur akan otomatis berdampak pada apa yang sodara2 bicarakan, tul ga...tolong dikoreksi kalo salah

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer