Pengikut

06 Agustus 2008

Technorati Survey

Pernah mengikuti survey yang diadakan technorati? beberapa membernya pasti dikirim email untuk diajak turut serta berbagi. Tanpa iming-iming imbalan, tawaran survey dari penyedia tool blogging yang satu ini memang sayang dilewatkan. Pastinya beberapa pertanyaan di dalamnya akan berfokus kepada perihal dunia blog. Siapa tahu kan, bila ada beberapa pertanyaan yang membuat mata merasa aneh membaca salah satu layanan tertentu yang mungkin saja ditanyakan.

Tentu terkadang kita bisa secara tiba-tiba menemukan layanan widget menarik dari penyedia tertentu. Biasanya sih namanya aneh-aneh, seperti twitter, scour, del.ici.us dan lain-lain yang dari bacaanya juga mudah menyunggingkan senyum. Makanya, siapa tahu kecurigaan diatas benar. Terlebih, tawaran ini dibilang hanya butuh waktu 15 menit. Cukuplah, sambil menunggu kiriman es jus tiba :)

Dan, pertama ikutan survey ini memang terbilang ringan. Sama halnya saat bermain "who want to be millionaire", dimana level dengan hadiah terkecil menyuguhkan pertanyaan yang sekilas kita akan paham mana yang salah. Pertanyaan beringsut ke hal yang sedikit berat, seperti berapa jumlah blog yang dikelola, berapa postingan seminggu, dan berapa jumlah user masuk perbulan. Menjawab pertanyaan ini juga butuh waktu. Meghitung berapa blog, dan berapa yang bisa dibilang "bukan blog" karena pertimbangan tak lagi diurus juga perlu perhitungan. Terlebih menjawab jumlah kunjungan. Sitemeter jadi perlu dibuka buat sekedar dilongok angka-angkanya.

Dari sini jus sudah datang, hm, sepertinya 10 menit terlewat masih di kisaran pertanyaan internal mengenai pengelolaan blog. Selanjutnya, pertanyaan mengenai pertimbangan apa yang membuat kita pantas merasa bangga mengakui blog kita berhasil. Apakah dari jumlah kunjungan, kepuasan pribadi, pendapatan, sesiapa yang sudah membaca lewat RSS blog kita, hingga jumlah link yang merujuk ke blog. Pikiran langsung melenting ke ingatan dulu-dulu, saat edittag diundang ke seminar, pelatihan, diwawancarai koran kampus, hingga masuk ke koran daerah dan tabloid nasional. Dengan mulus, ingatan juga membawa ke undangan di salah satu radio bandung, televisi di malang, semua berkat buku (tepatnya dari ngeblog). Belum selesai menentukan prioritas jawaban tersebut, waktu terus berjalan. Sepertinya bakalan lebih dari 15 menit nih!

Lanjut, ke masalah lebih sensitif, apakah kiranya identitas penting dalam sebuah blog? adakah pengaruh tulisan di blog kita dengan urusan di kerjaan yang mungkin saja "terganggu" karena kita suka mengobral cerita mengenai kerjaan. Wah, ini makin sulit,,,berapa banyak uang yang kita habiskan untuk keperluan ngeblog ini, lalu berapa pula pendapatan yang diraih. Waduh, masa mesti buka-buka history paypal dan menghitung amplop dari Adsense sih? Waktu makin mendekati jam istirahat selesai nih, jangan bikin masalah dengan membuka hal-hal yang makin menguras waktu dong....

Tapi satu yang boleh dibilang "berhasil" dengan mengintip program-program yang banyak ditanyakan oleh Technorati, ternyata mereka yang disebut sebagai opsi pilihan adalah : PPC (adsense, kontera, YPN), afiliasi (amazon, ebay), review blog (payperpost), adnetwork (glam, federated media) hingga online ad network seperti Fastclick dan Tribal Fusion.

Beberapa nama seperti payperpost, reviewme, dan beberapa program review tak dianggap, juga TLA, Adbrite, bux.to, clixsense, kemanakah mereka? mengapa tak disebutkan dalam opsi, pertimbangan kepopuleran ataukah keberhasilan program yang jadi penyebabnya?

Wah, jangan-jangan survey ini juga bisa jadi penunjuk arah pergeseran budaya ngeblog, atau malahan kita tak sadar sedang diarahkan untuk mempercayai sebuah media yang sering kita gunakan layanannya?