Pengikut

19 Agustus 2008

Blogger : Newest Control Panel

Blogger kembali berbenah. Mengikuti tampilan blog edittag menyambut Ulang Tahun Kemerdekaan? tentu tidak. Meski memang perubahan ini dilakukan menjelang tanggal 17 Agustus lalu. Padahal sempat berharap loh,ada ucapan selamat hari kemerdekaan buat pengguna blogger di Indonesia. Tentu jumlahnya sudah ribuan kan? bahkan untuk lingkup Bandung saja, mereka yang di profilenya menyebut kata Bandung sebagailokasinya saja sudah mencapai 10.500 blogger!

Tak mengapalah, mungkin jumlah itu masih dinilai sedikit ya dibandingkan lainnya. Tapi perubahan memang butuh untuk selalu dilakukan. Bisa-bisa ditinggalin kalau tak menampilkan yang baru. Nah, perubahan kali ini jelas paling kentara dibanding sebelumnya. Kali ini,setiap berhasil masuk log ke blogger,pasti mendapati tampilan baru. Panel kontrol yang benar-benar bisa dikontrol. Dulu sih, bagi yang punya banyak blog (seperti edittag) tampilan Panel Kontrolnya benar-benar memakan tempat. Semua blog ditampilkan. Tapi tak lagi setelah muncul opsi baru.



Yakni menyembunyikan dan menampilkan semua blog dengan hanya melakukan klik. Tombol "sembunyikan" dan "Tunjukkan semua" menjadi penyelamat. Tombol dalam bentuk link ini berada di samping kanan blog dan juga dibagian paling bawah. Mengingatkan akan apa coba? tampilan di Control Panel di hostingan pribadi kan? Nama sudah sama (control panel dan panel kontrol), wah jangan-jangan sebentar lagi panel kontrol di blogger akan sekaya fitur di hostingan pribadi ya! Asik banget kan? nanti ada link untuk melihat statistik blog, akan ada pula kolom file manager (bisa lihat-lihat file gambar di blogger misalnya),atau bisa jadi akan ada fitur untuk melihat sejauh mana link blog kita disebut oleh blog lain.

Eit,mesti distop dulu nih sebelum menghayalnya berlanjut. Tapi memang kita mesti siap-siap 'kan bila hal itu terjadi?