Pengikut

24 September 2008

TwittAd, iklan di halaman Twittermu!

Ada banyak varian produk yang terlahir karena kesuksesan Twitter. Ada plugin twitt-too untuk membantu pemasangan widget twitter di blog, lalu ada pula Twitturly guna melacak alamat URL yang ramai diperbincangkan, kemudian ada twitticious yang dari namanya sudah kental dengan aroma del.icio.us.

Sepertinya, bila kita ingin punya ide dan cepet dikenal, tinggal perlu "sedikit" kreasi,lalu bubuhkan prefiks Twitt di depannya, maka jadilah produk massal yang banyak dicari oleh penggila Twitter. Jangan remehkan layanan sosial ini loh, jumlah tulisan dari Twitter termasuk yang lebih agresif peningkatannya dibandingkan tulisan di blog. Mungkin karena mereka bisa mengupdate tiap menit, lalu cukup dengan pesan pendek, tak perlu menulis berlipat-lipat paragraf yang terkadang bikin pegel jari :).

Kalau sudah sebegitu menjanjikan, pastinya ada juga nih ide untuk mengkomersilkan halaman Twitternya. Seperti halnya di halaman blog,trafik pengunjung yang masuk dan juga tingkat popularitas juga ditampilkan di Twitter. Namanya menjadi following dan follower . Following berarti seberapa banyak kita mengikuti twitter milik orang lain. Sedangkan follower artinya seberapa banyak orang yang melihat aktifitas kita di Twitter. Profil Edittag misalnya, ada 13 following dan 21 follower.

Kedua variabel ini, bisa jadi aset yang menentukan untuk melihat sejauh mana jangkauan Twitter kita dipantau di dunia maya. Makanya tak heran, bila menyebut kata aset,pasti ada nilai komersil disana.

Hal inilah yang dikejar oleh pengiklan yang tergabung di TwittAd. Dari namanya kita segera maklum bahwa ini adalah layanan iklan ala Twitter. Meski bukan sponsor resmi bagi Twitter, pihak TwittAd sangat pandai menggoda untuk menawarkan imbalan dalam bentuk dolar bagi mereka yang halaman Twitternya direlakan untuk dipasang iklan.

Prosesnya cukup mudah, setelah kita menjadi anggotanya, maka kita mesti pandai-pandai melakukan bid atau lelang atas nilai iklan yang berhak ditayangkan di halaman Twitter kita. Bisa saja bila kita PD dengan jumlah following dan follower tadi,kita pasang angka puluhan dollar bagi mereka yang tertarik memasang iklan dalam kurun waktu tertentu. Bisa sebulan,3 bulan,atau malah perhari (wah harus punya aset tinggi nih kalo maksain main perhari).

Penawaran terendah $5, dan mereka bisa mencairkan pendapatan kita bila sudah terkumpul minimal $20. Kemana pengirimannya? paypal. Makanya tak lupa untuk memastikan bahwa kita memilinya saat kita ingin bergabung dengan mereka.

Jadi,siap untuk menjual profil Twittermu?