Pengikut

05 November 2008

Pilih Lengkap atau Pendek untuk Feed Blog

Jadi, sebelumnya kita sudah mengenal bagaimana pemenggalan posting dalam laman blog. Akan terlihat efektif untuk posting yang memiliki jumlah paragraf yang panjang tentunya. Di sisi lain, konon ini akan memberi pengaruh baik untuk meningkatkan jumlah kunjungan laman blog (page view).

Lalu bagaimana ceritanya bila mengaplikasikannya kepada sebuah feed? Apakah kemungkinan posting dipenggal secara otomatis, ataukah hanya mengikuti bentuknya di laman blog, dalam artian bila posting di penggal, maka feed juga terbawa menjadi terpenggal juga?

Tentu bukan. Karena untuk keperluan ini, blogger menyediakan bantuan khusus. Coba tuju bagian Pengaturan lalu menuju Feed Situs. Ada pilihan Pendek atau Lengkap di bagian Izinkan Blog Feed. Andalah sang pemilik blog, yang menentukan mana yang terbaik.

Aturannya mudah, bila kita terbiasa menulis posting dalam jumlah yang panjang, maka pilihan Pendek akan lebih sesuai. Dengan begitu, bila posting pendek, hanya berupa paragraf dibawah 255 kata maka bila dipasangkan setelan Lengkap, tampilannya di dalam feed reader tak terlalu mengganggu.

Kemudian, bila memang kita memilih pola Lengkap, perhatikan pula ornamen lainnya dalam sebuah posting, yakni Gambar. Bila ingin memajang gambar, upayakan untuk memajangnya di bagian paragraf atas. Bila mungkin hindari pemasangan di bawah. Pertimbangan ini hanya semata bila memang kita peduli dengan tampilan feednya. Agar tampilan gambar dalam posting bisa terlihat oleh pembacanya. Tak ingin kan gambar tersia-siakan terlihat. Terlebih buat blog yang merasa pembaca di feednya sudah memiliki nilai yang tinggi.

Untungnya lagi, bila kita sudah mengatahui feed banyak dibaca, dengan penyetelan pendek akan membuatnya memiliki ruang untuk memajang kode Adsense for Feed. Bagi yang belum tahu hal ini, gunakan bantuan dari Feedburner.

Setelah kita arahkan alamat feed blognya di feedburner, misal di Blogger kita bisa cek di Pengaturan - Feed Situs - cari bagian Posting URL Pengubahan Arah Feed dengan memberikan alamat Feed yang telah kita dapatkan dari layanan Feedburner (ingat ya, langkah penambahan alamat feed di feedburner harus ditambahkan terlebih dahulu untuk mendapatkan alamat feednya).

Lalu setelah itu log in atau tengok kembali akun Feedburnernya, dan perhatikan bagian Monetize. Klik My feeds dalam akun feedburner untuk melihat bagian tersebut. Lalu lakukan penyetelan dengan memasukan akun Google Adsense di dalamnya dengan cara klik bagian Configure Ads. Simpan bila selesai.

Uniknya lagi, bila kita juga menggunakan layanan dari feedblitz, di sana juga kita bisa pula menemui pemasangan iklan dari Feedblitz di setiap bawah feed yang dibaca melalui email. Masih terima peluang cari pendapatan dari feed kan?