Pengikut

07 November 2008

Pengikutku, Kuikuti Langkahmu

Lama-lama repot juga mengikuti banyak blog melalui Google Reader. Terlebih makin lama jumlah blog yang diikuti makin bertambah. Akibatnya, semakin hari merasa berhutang : banyak posting blog terlewat untuk dibaca.

Bila sudah begini, paling yang dilongok hanya sebatas judul-judul posting yang masuk. Bila judul blognya pandai merayu, tak urung postingnya pun dibaca berlanjut. Tapi bila tidak, ya maaf saja, hanya akan segera diklik sebagai posting yang sudah terbaca :).

Akuilah, judul memang berpengaruh ya. Tak heran bila beberapa blogger memang menganut paham : judul duluan, posting belakangan. Boleh-boleh saja ko, judul kan bagian sentral dari sebuah posting juga kan?

Kegiatan lain di feed yang sering dilakukan saat banyak posting yang terlewat adalah membaca tulisan terakhir di setiap web atau blog yang diikuti. Sekedar kangen baca tulisan blog lain? hehe mungkin begitu.

Namun setelah blogger secara resmi mengangkat Followers alias Pengikut, kemungkinan ketergantungan kepada google reader bisa sedikit teratasi. Bedanya : hanya akan menampilkan posting terakhir di tiap blog yang diikuti. Dan itu pun bisa dilakukan di dalam laman Dasbor blogger. Tentu bisa dipastikan setiap akan menulis atau mengedit blog akan melewati laman dasbor ini. Jadi makin bertambah aktifitas yang bisa dilakukan dengan melihat laman ini ya...

Dan satu tawaran nih, karena lagi kecanduan dengan follower, maka edittag akan mengikuti semua blog yang menjadi pengikut di blog ini. Harapannya, akan makin mudah mengikuti blog yang sering mampir disini. Tentu akan menyenangkan bila bisa saling melihat perkembangan blognya kan?

Makanya, tak usah ragu ikuti blog ini, maka blog ini juga akan mengikutimu! Sudah ada 16 pengikut sejak posting ini ditulis, artinya ada 16 blog juga yang diikuti.Caranya? klik saja tautan Follow this blog.

Sekedar tambahan :

1. Akan lebih mudah bila blog yang mengikuti blog ini juga memajang gadget Follower di blognya. Namun tak perlu khawatir, bila belum edittag maka akan secara manual menambahkan blognya langsung lewat dasbor.

2. Bila dalam satu akun blognya terdapat lebih dari satu blog (banyaknya sih iya :D), maka akan lebih cepat ditambahkan bila menyebut blog yang ingin diikuti di komentar di posting ini.

3. Bila ternyata profil blog yang menjadi pengikut di blog ini adalah kosong (alias tidak tersedia), maka maaf sekali, bagaimana mungkin bisa saya tambahkan di blognya.

4. Untuk blog yang sifatnya privat, mungkin juga akan sulit untuk diikuti.

5. Akan lebih baik bila profil blognya juga dibubuhkan gambar untuk profilnya, agar semakin menarik. Masa kalah sama mybloglog :D