Pengikut

Wordpress.tv VS Blogger Channel on Youtube



Mana yang lebih baik, wordpress.tv atau Blogger's Help Channel di Youtube?

Bagi yang mendambakan tutorial ngeblog dalam format video, blogger pernah menyediakan sebuah channel khusus di laman Youtube. Blogger lebih memilih untuk menitipkannya ke situs Youtube daripada memilih domain khusus. Jelas bukan pertimbangan pengiritan karena baik Youtube maupun Blogger sama-sama dimiliki raksasa dunia maya Google.

Lain lagi dengan wordpress. Mereka memilih menghostingnya di alamat khusus, wordpress.tv. Sangat mudah ditebak isi dari situs ini. Menampilkan sejumlah tutorial penggunaan wordpress dalam bentuk video. Tentunya tampilan dashboard yang ditampilkan disini adalah tampilan wordpress versi terbaru.

Ok, baik bloggerhelp channel maupun wordpress.tv mengusung niatan yang sama, menyediakan tutorial penggunaan mesin blognya secara khusus dalam wujud yang bisa dilihat dan didengar. Tentunya sangat membantu bagi mereka yang enggan membaca teks berbaris-baris paragraf dan lebih menyukai tampilan video. Toh meski video dikenal memakan bandwidth, pengguna yang ingin mempraktekannya secara langsung juga seakan diberi waktu tambahan untuk memahami proses yang sedang dilalui.

Lalu bagimana efektifitasnya? mungkin masih sulit menebak mana yang lebih membantu penggunannya. Namun bila ditilik dari tampilan situsnya, wordpress.tv lebih mudah dipahami. Lihatlah alur navigasi yang ditampilkan. Secara gamblang mereka menyekat tiap bagian menu dengan lebih mudah terlihat.

Bahkan bila dilihat tiap videonya, masih diberikan kesempatan untuk berinteraksi bagi pengunjungnya melalui kolom komentar. Sangat memberikan panduan bagi pihak wordpress.tv sendiri untuk melihat sejauh mana efektivitas penyampaian videonya. Hal yang sebenarnya juga dimiliki oleh layanan Youtube.

Hanya saja tampilannya disekat lebih banyak lagi di sini. Mengakibatkan ukuran huruf dikorbankan agar memuat lebih banyak konten di kanan kiri. Hal yang justru dihindari oleh pengguna blog. Para blogger tentu akan lebih familiar dengan kolom komentar di wordpress.tv. Secara mesin yang digunakan memang dari wordpress sendiri.

Lalu jangan lupa tengok pula jumlah video di kedua penyedia ini. Blogger hanya menyediakan 9 video (itu pun video terbaru diunggah satu bulan lalu, ataukah karena fitur-fitur di blogger lebih sedikit?), sedangkan wordpress, meski baru dipublikasikan tanggal 17 Januari lalu, saat ini sudah terpilah menjadi beberapa kategori video, baik pengenalan lingkungan wordpress hingga acara WordCamp yang sering diadakan wordpress.

Terus terang, tampilan dan sajian yang ditawarkan wordpress.tv lebih ngeblog banget dibanding saingannya di Youtube. Jadi, bila memang yang disasar adalah para blogger, tampaknya setuju ya bila wordpress.tv lebih unggul daripada yang dipakai blogger di Youtube.

Mungkin salah satu kelebihan yang dimiliki Youtube adalah kecepatan dalam memuat (loading) video. Coba klik salah satu video di keduanya, dijamin Youtube jauh lebih cepat menayangkan video daripada saingannya di Wordpress.tv.

Oh ya, ada kontes yang berhadiah themes premium wordpress (sekira $30 untuk sekali lisensi) dengan syarat yang mudah. Info bisa dicek di sini.


12 komentar:

  1. Blogspot memang tetap nomor satu !!!

    BalasHapus
  2. hhmm.. kalo saya lebih memilih blogger.com sebagai platform blog. Tetapi saya tetap menghargai para pengguna wordpress yang tetap menunjukkan kreatifitasnya dalam dunia perbloggingan di Indonesia.

    Bagi saya platform di blogger lebih mudah difahami untuk blogger pemula.

    BalasHapus
  3. bagaimanapun kemudahan tergantung kebiasaan penggunaan; baik blogspot maupun wordpress jika condong kesalah satunya maka tentu akan berat sebelah; bagi saya sendiri keduanya tetap enak digunakan apalagi wp :D btw, loadingnya memang enakan di youtube ya kang...

    BalasHapus
  4. nice info n tips nui..

    BalasHapus
  5. makasih masroy, memang lebih familiar dan mudah pemakaian di blogger.
    iya nih kang hakim, memang loadingnya lebih bermasalah di wordpress.tv.

    BalasHapus
  6. Anonim2:58 AM

    hello

    Terimakasih atas waktu yang anda berikan untuk saya...
    saya hanya ingin berbagi dengan anda...
    saya berikan 1001 macam software gratis untuk anda
    tolong disebarluaskan..www.pitungputih.blogspot.com
    banyak amal, banyak rejeki...
    klik juga iklan-ikaln menarik dan bermanfaat untuk anda di sebelah kanan blog saya.

    terimakasih atas kunjungan anda

    BalasHapus
  7. Kalau komentar saya ne mas hakim, sama saja keduanya baik blogspot maupun wordpress, alasannya adalah kedua2nya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ibarat pengguna windows dan linux, begitu juga dengan blogspot dan wordpress.

    Kalau mas hakim sendiri lebih memilih yang mana?

    BalasHapus
  8. sudah dua kali ini mas black nyebut2 mas hakim, kirain komentarin komentarnya kang hakim diatas, tapi di posting lain yang ga ada komen kang hakim, masih nyebut nama kang hakim, kesimpulannya mungkin salah sebut nama saya :)

    kalo memang bener saya yang dituju, saya bakal milih keduanya, karena saya juga pake wordpress slain blogspot untuk blog ini.

    BalasHapus
  9. wah persaingan kayanya sudah dimulai neh tapi gimanapun blogspotlah pilihannku..............

    BalasHapus
  10. walaupu persaingan makin ketat tetap blogspot menjadi yang terbaik

    BalasHapus
  11. blogspot i lovo u

    BalasHapus
  12. Saat ini masih tetap pilih Blogspot...

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer