Pengikut

21 Januari 2009

Wordpress.tv VS Blogger Channel on Youtube



Mana yang lebih baik, wordpress.tv atau Blogger's Help Channel di Youtube?

Bagi yang mendambakan tutorial ngeblog dalam format video, blogger pernah menyediakan sebuah channel khusus di laman Youtube. Blogger lebih memilih untuk menitipkannya ke situs Youtube daripada memilih domain khusus. Jelas bukan pertimbangan pengiritan karena baik Youtube maupun Blogger sama-sama dimiliki raksasa dunia maya Google.

Lain lagi dengan wordpress. Mereka memilih menghostingnya di alamat khusus, wordpress.tv. Sangat mudah ditebak isi dari situs ini. Menampilkan sejumlah tutorial penggunaan wordpress dalam bentuk video. Tentunya tampilan dashboard yang ditampilkan disini adalah tampilan wordpress versi terbaru.

Ok, baik bloggerhelp channel maupun wordpress.tv mengusung niatan yang sama, menyediakan tutorial penggunaan mesin blognya secara khusus dalam wujud yang bisa dilihat dan didengar. Tentunya sangat membantu bagi mereka yang enggan membaca teks berbaris-baris paragraf dan lebih menyukai tampilan video. Toh meski video dikenal memakan bandwidth, pengguna yang ingin mempraktekannya secara langsung juga seakan diberi waktu tambahan untuk memahami proses yang sedang dilalui.

Lalu bagimana efektifitasnya? mungkin masih sulit menebak mana yang lebih membantu penggunannya. Namun bila ditilik dari tampilan situsnya, wordpress.tv lebih mudah dipahami. Lihatlah alur navigasi yang ditampilkan. Secara gamblang mereka menyekat tiap bagian menu dengan lebih mudah terlihat.

Bahkan bila dilihat tiap videonya, masih diberikan kesempatan untuk berinteraksi bagi pengunjungnya melalui kolom komentar. Sangat memberikan panduan bagi pihak wordpress.tv sendiri untuk melihat sejauh mana efektivitas penyampaian videonya. Hal yang sebenarnya juga dimiliki oleh layanan Youtube.

Hanya saja tampilannya disekat lebih banyak lagi di sini. Mengakibatkan ukuran huruf dikorbankan agar memuat lebih banyak konten di kanan kiri. Hal yang justru dihindari oleh pengguna blog. Para blogger tentu akan lebih familiar dengan kolom komentar di wordpress.tv. Secara mesin yang digunakan memang dari wordpress sendiri.

Lalu jangan lupa tengok pula jumlah video di kedua penyedia ini. Blogger hanya menyediakan 9 video (itu pun video terbaru diunggah satu bulan lalu, ataukah karena fitur-fitur di blogger lebih sedikit?), sedangkan wordpress, meski baru dipublikasikan tanggal 17 Januari lalu, saat ini sudah terpilah menjadi beberapa kategori video, baik pengenalan lingkungan wordpress hingga acara WordCamp yang sering diadakan wordpress.

Terus terang, tampilan dan sajian yang ditawarkan wordpress.tv lebih ngeblog banget dibanding saingannya di Youtube. Jadi, bila memang yang disasar adalah para blogger, tampaknya setuju ya bila wordpress.tv lebih unggul daripada yang dipakai blogger di Youtube.

Mungkin salah satu kelebihan yang dimiliki Youtube adalah kecepatan dalam memuat (loading) video. Coba klik salah satu video di keduanya, dijamin Youtube jauh lebih cepat menayangkan video daripada saingannya di Wordpress.tv.

Oh ya, ada kontes yang berhadiah themes premium wordpress (sekira $30 untuk sekali lisensi) dengan syarat yang mudah. Info bisa dicek di sini.