Pengikut

HootSuite : Sang Penyebar Blog via Twitter

Akankah situs jejaring sosial semacam Facebook atau microblogging seperti Twitter menggerus eksistensi Blog?

Bisa jadi pertanyaan ini sering dikaitkan dengan jumlah posting yang mulai menurun dari segi jumlah. Alasan kemudahan menulis pesan pendek melalui Twitter, yang hanya 140 karakter, berbeda jauh dengan ngeblog yang butuh perjuangan lebih dengan barisan paragraf yang ditulis, atau juga kurangnya tanggapan saat menulis blog dibandingkan dengan menulis Wall di Facebook yang lebih cepat mendapatkan reaksi dengan munculnya komentar secara instan, ini juga bisa jadi penyebab.

Tak heran bila ada blogger yang bertindak lebih dengan menutup fungsi komentar di blognya, dan berharap agar komentar masuk melalui Facebook (via Notes) dengan alasan mengurangi Spam. Ini juga alasan lain yang bisa diterima.

Lalu bila dikira banyak merugikan, bisakah Blogger menggunakan fitur mereka untuk keperluan promosi blog misalnya?. Bila sebelumnya pernah ditulis bagaimana menyebarkan posting blog melalui Facebook, kini saatnya menggunakan metode yang sama namun dengan bantuan Twitter.

Untuk keperluan ini, HootSuite adalah solusi yang komplit. Tak perlu lagi secara manual mengirim pesan ke akun Twitter, biarkan mereka yang melakukannya!

Langkah yang pertama, dan jelas harus dilalui adalah mendaftarkan akun. Setelah itu, masuk ke bagian Settting , tuju RSS/ Atom Feed , dan tinggalkan alamat feed blognya. Tahu 'kan cara mendapatkan alamat feed di blognya?



Kita bisa setting untuk penyebaran ke Twitter berapa kali dalam seharinya, sesuaikan dengan kebutuhan. Hanya saja, Hootsuite hanya membatasi 5 feed dalam satu akunnya. Bila lebih dari ini, kita bisa gunakan Yahoo Pipes.

Satu hal yang bisa dijadikan manfaat dari posting melalui Twitter yang dibantu Hootsuite ini adalah, kita bisa melihat sejauh mana link yang disebarkan di Twitter diklik. Coba kunjungi dashboard-nya, dan klik tanda statistik di samping pesan pendeknya.


Dalam gambar di atas, ada aktivitas 7 klik pada hari ini, hari yang sama saat Hootsuite mengirimkan pesan melalui Twitter. Ini berarti ada peluang baru untuk mendapatkan pengunjung di luar teman follower di Blogger, dan ini berarti pula kemungkinan untuk mendapatkan trafik organik menjadi lebih terbuka.

Hal lainnya adalah, dengan adanya navbar khusus dari Hootsuite, pembaca yang puas dengan tulisan kita juga bisa mengirimkan alamat link blog kita dengan menyebarkan melalui Twitter dengan sekali klik. Ini sama dengan me-Retweet (forward) tulisan kita di Twitternya. Jadi berharap saja makin banyak yang bisa diraih untuk mendapatkan trafik blog yang lebih banyak.



15 komentar:

  1. coba dulu kesana.... thanks infonya

    BalasHapus
  2. langsung ke tkp mas...

    BalasHapus
  3. mantab deh kang agus....oh iya kang, minta ijin...saya sempet copy/paste beberapa script (kaya penempatan tata letak layout aja sih)....boleh kan?

    hatur nuhun kang!

    BalasHapus
  4. Anonim12:10 AM

    info banget....:) thx bro!

    BalasHapus
  5. Sip! langsung dikerjakan bos. :)

    BalasHapus
  6. Makin mantap aja blog ini dengan trik and tips nya.

    BalasHapus
  7. mas tukeran link yu...
    komputerpedia.blogspot.com

    BalasHapus
  8. @ Edy Dhiyauddin.,SKG : silakan kang, asal bukan script statistik dan informasi pribadinya :D

    BalasHapus
  9. wah, sepertinya mantab nih kang, hehe, maklum saya telat gabung, ke TKP dulu nih,

    BalasHapus
  10. kang, kok di hootsuite ada disuruh masukin adsense codenya ya? saya baca malah bingung sendiri, gimana nih kang?

    BalasHapus
  11. Ikutan Tukeran Link...Link Anda sdh saya pasang. Salam kenal...http://upex.blogspot.com/

    BalasHapus
  12. Saya biasa promosi posting via bit.ly, dan sekarang dng tweetdeck lebih simple lagi dng dukungan bit.ly juga. Kalau kita signup di bit.ly, biasanya ada statistik hit tiap alamat tsb.

    Btw, thanks infonya

    BalasHapus
  13. setuju, di bit.ly petunjuk statistiknya sangat bagus, terlihat berapa yang ngeklik.

    BalasHapus
  14. bagus nih boleh dicoba...

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer