Pengikut

Google Site Pengganti Google Pages

Sekian lama terlupakan sejak posting terakhir, kini saatnya mengisi kembali. Mohon maaf bagi yang mampir kesini tak menemui satu posting baru sejak minggu lalu. Minggu-minggu ini memang sulit menemukan waktu yang tepat buat ngeblog. Kerjaan membuat aplikasi flash lite mencuri waktu hampir seminggu ini. Projek yang mestinya bisa disambi ngeblog, namun apa daya, revisi terus menerus datang. Bila tak ingat akhir bulan nanti lebaran, mungkin saja kerjaan ini tak perlu diambil ya :) (biasa,kejar setoran boss....)

Jadi posting perdana di minggu ini adalah semacam rekap sebagai tanggapan atas beberapa posting sebelumnya. Misalnya tentang Pengikut blog yang sebelumnya terbatas penyebarannya, sejak tanggal 11 September kmarin, gadget ini sudah bisa dipasangkan di semua blogger berbahasa Inggris yang menggunakan layout versi xml. Untuk pengguna yang menggunakan setingan berbahasa Indonesia, berharap saja segera direalisasikan agar ikut kebagian.

Bagusnya lagi,(mungkin ini belum sering diperhatikan) blogger yang diikuti juga akan dimunculkan di bagian profil pemilik blog. Jadi semacam panduan ringkas atas apa yang pemilik blog lakukan,sukai dan ikuti yang semuanya kini ditampilkan di bagian profile.

Lalu bagian keduanya adalah kabar beberapa rekan blogger yang tak beruntung mendapatkan kesempatan mencoba fitur google pages.

Sebagai penggantinya, mereka menyediakan penggantinya yang lebih lengkap (menurut pengakuan google tentunya). Untuk fitur yang disediakan bila ditilik dari bagian dalam,memang menyediakan fitur yang lebih komplit. Seperti penyediaan opsi pembatasan akses pada halaman-halaman tertentu. Mengingatkan akan fitur yang sama di blogger kan?

Biasanya edittag paling sering menumpahkan segala kebutuhan upload file dengan bantuan googlepages. Mau unggah file doc, pdf, txt, ppt, hingga segala pernik yang bersentuhan dengan blog : file gambar, javascript, hingga favicon! Benar-benar tak terbantahkan kemampuannya menjawab kebutuhan teknis.

Googlepages memang lebih sakti dibandingkan penyedia serupa. Di saat yang lain masih membatasi pengaksesan hanya melalui situs resminya, googlepages memberi keleluasaan lebih. Pemanggilan nama file juga lebih familiar dibandingkan dengan pemanggilan alamat URL file di Blogger.

Namun kini,google pages tak tersedia bagi anggota baru. Pihak google telah menyediakan penggantinya. Yakni Google Sites.

Coba kita simak dari kemampuan pengunggahan filenya. Tak lagi dengan mudah kita temukan fitur upload file disana, yang tersisa adalah opsi untuk mengunggah file dalam bentuk attachement. Mengecewakan nih,terutama untuk mereka yang berkebutuhkan mengunggah file. Terutama file berjenis multimedia, seperti gambar bertipe flash atau juga jenis data berjenis javascript. Saat mengunggah gambar,file gambar akan memiliki alamat URL seperti : http://sites.google.com/site/daftarinformasi/Home/demokrat.gif?attredirects=0. Untuk memanggilnya dari luar, file tersebut bisa kita salin dengan membuang kode setelah tanda tanya (?), hingga menjadi http://sites.google.com/site/daftarinformasi/Home/demokrat.gif.

Intinya,ada keterbatasan mengunggah jenis file di edisi google site. Mungkin memang fiturnya dipengaruhaai oleh pemanfaatannya ya? sesuai dengan namanya : google site memang diperuntukan untuk membuat halaman web yang utuh. Saatnya mencari layanan hosting file gambar lain sepertinya ya...?



14 komentar:

  1. google pages ga terima akun baru y? flickr sang alternatif bisa jadi pilihan lagi nih, padahal males juga pake flicr :(

    BalasHapus
  2. Anonim1:21 PM

    wah jadi g bisa buat acaunt lagi dunk..

    BalasHapus
  3. Anonim2:47 AM

    iyya, jadi lebih rumit, mau ngupload juga binun.

    BalasHapus
  4. sementara untuk keperluan upload pake akun gmail bisa tetep di blogger nih, info di sini, sambil berharap ada pengganti googlepages yang lebih sepadan, sapa tau google site juga ditambahin nih fiturnya...

    BalasHapus
  5. Anonim7:56 AM

    Kalo saya rasa lebih enakkan google pages, mungkin mas hery jg setuju dengan saya.

    BalasHapus
  6. aku juga sependapat kayak mas 'ridho' itu...

    BalasHapus
  7. Anonim2:35 PM

    Kalau mas Agus seminggunan nggak posting ... saya malah sudah sebulanan nggak blogwalking ....

    BalasHapus
  8. Malu bertanya sesat di jalan... Sudah lama saya bingung tentang google site ini, apakah dia punya fasilitas upload file seperti google page atau tidak... Saya mengira google site memiliki fasilitas itu karena dia sebagai pengganti google page.. Ternyata memang gak ada ya kang... pantes.. sudah tiap sudut saya jelajahi yang ada hanya file attachment saja.

    Terimakasih dah sharing infonya kang..

    BalasHapus
  9. Anonim11:18 AM

    wo... ini toh, I kira Google kehabisan dana dengan menutup pages.google.com

    BalasHapus
  10. Anonim11:24 AM

    wew berarti perubahan memang belum tentu lebih baik yah

    BalasHapus
  11. yup, sama dengan kang rias, bunda juga masih awam soal google site, oogle back link..he.he.maklum newbie dan gaptek he.he

    BalasHapus
  12. waduhh.. gimana nih, kalo mau upload file javascript kemana dong?

    kasih tau gw ya ke ym: angga_purwana
    masih newbie nih..

    BalasHapus
  13. mas bos blog kamu asyik n lengkap,ana termasuk pemula bikin blog,cumak mau tanya.gimana blog ana biar dapat di acces di halaman google.padahal pada mesin pencari di setting bog dah di izinkan.lam kenal

    BalasHapus
  14. coba ketikan kata kunci site:http://(alamatblogkamu) di google.
    salam kenal kembali.

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer