Pengikut

12 November 2008

Strategi Pemasangan Iklan di KlikSaya.Com Untuk Meningkatkan Efektifitas Iklan

Mungkin postingan ini sangat cocok untuk beberapa rekan yang menginginkan optimasi penampilan iklan di blognya. Bagi yang merasa demikian, siap-siap untuk membuka akun blognya dan menyalin kode yang akan disampaikan di sini.

Namun ada baiknya disebut beberapa persyaratan untuk menyukseskan kegiatan ini.

1. Berlaku bagi pengguna akun di blogspot.
2. Telah memasang kode tambahan untuk memenggal posting, terutama bagi pengguna layout (tata letak) di blogspot. Bagi yang belum melakukannya, bisa tengok link bantuan berikut : http://edittag.blogspot.com/2006/11/blogger-read-more-on-beta-version.html
3. Memahami cara penambahan <span class="fullpost"> dan </span> di dalam editor posting blognya. Ingat ya, bagi yang terlalu banyak menggunakan bantuan tag span dalam postingnya, ada baiknya pula membaca panduan berikut :
http://edittag.blogspot.com/2007/04/blogger-use-div-rather-than-span-in.html

Semua sudah terlewati? Bagus!

Cara berikut ini akan sangat berguna untuk mengoptimalkan jumlah tampilan iklan di blog. Tentu akan lebih efektif untuk jenis iklan PPC (Paid Per Click). Di blog edittag ini misalnya, yang menggunakan bahasa Indonesia, contoh yang pas adalah pemasangan iklan dari Kliksaya.com.

Bila dicermati, bila dalam laman utama saat blog ini terbuka dengan alamat http://edittag.blogspot.com, maka iklan dari Kliksaya.com akan muncul di bawah masing-masing posting. Lalu bila salah satu postingnya diklik, maka iklan yang muncul di bagian bawah akan menghilang, namun akan tergantikan dengan iklan di bagian atas posting. Kenapa dengan cara diatas? Sebab begini teman, saat laman utama terbuka, iklan akan berada diantara posting yang ada. Fungsinya menjadi "pengantar" antar masing-masing posting. Dan tak seperti PPC lain yang membatasi tampilan iklan perhalamannya, maka dengan iklan dari Kliksaya.com iklan bisa dimunculkan sebanyak mungkin. Coba klik di sini untuk melihat buktinya. Terdengar menyenangkan ya ;)

Nah, setelah iklan di klik, alias masuk ke posting, maka iklan yang ditampilkan memang akan lebih terbatas. Yakni satu iklan perposting. Namun jangan khawatir, hal ini bisa dibantu dengan menambahkan kode. Kode ini adalah penambahan dari kode sebelumnya. Ada baiknya untuk menambahkan kode tersebut sebelum melanjutkan.

Ok, bila langkah tersebut ditambahkan, maka iklan dari Kliksaya.com akan mencul di atas posting di laman terpisah. Untuk menambahkan kode iklan di bawah posting, maka cukup bubuhkan kode </span > di antara kode iklan dari Kliksaya.com

Ingat ya, kode </span > seyogyanya diberikan di akhir posting untuk keperluan pemenggalan. Namun bila ditambahkan di antara kode iklan, menjadi seperti berikut :

<!-- Begin: KlikSaya.com --></span>
<script src="http://scr.kliksaya.com/js-ad.php?zid=xxx" type="text/javascript">
</script>
<!-- End: KlikSaya.com -->

Maka iklan dari kliksaya.com akan muncul di bagian posting bawah. Lumayan ya bisa tambah tampilan iklannya. :D

Tambahan : Artikel ini ditulis untuk mengikuti kontes menulis dari Peserta Kontes Menulis KlikSaya.Com.