Pengikut

17 September 2007

Adsense : No Ads but Search Only?

Kaget begitu mendapati tak ada pilihan tampilan iklan selain Adsense for Search dalam akun kita?

Itu hal yang lumrah (malah terbilang begitulah semestinya). Coba ingat-ingat apa yang pernah tertulis di blog ini akan diterimanya Bahasa Indonesia dan keterbatasanya menggunakan produk Adsense.

Saat ini memang pintu layanan Google Adsense terbuka lebar-lebar bagi peminatnya. Hal ini bisa ditengarai dengan semakin mudahnya blog dengan konten Bahasa Indonesia mengikuti program ini. Situasi yang jauh berbeda dengan beberapa bulan yang silam. Bila dulu kita mesti bersitegang dengan keputusan untuk menulis blog dengan bahasa yang didukung pihak Adsense, kini kita bisa menemukan pilihan Bahasa Indonesia di dalam formulir pendaftaranya. Pilihan bahasa ini muncul saat kita ditanya mengenai bahasa yang dipakai oleh blog kita.

Nah kelanjutanya mudah ditebak. Seperti yang telah dikemukakan pihak Google Adsense, mereka akan mendukung blog dengan konten berbahasa Indonesia sebatas produk Adsense for Search. Jadi memang hanya inilah satu-satunya produk yang bisa kita pakai untuk ditempelkan di blog kita.

Lalu apakah nantinya akan ada tambahan seperti Ads Unit, Links Unit yang bisa muncul dalam pilihan produknya? kemungkinan itu selalu ada. Bahkan sepertinya hanya menunggu waktu untuk menemukan jawaban ini. Jadi jangan heran bila suatu saat tawaran produk baru akan muncul seperti halnya tawaran Refferral 2.0 yang baru saja kita temui kmarin.

Lalu pasti ada diantara kita yang tak sabar akan kondisi ini, kemudian memutuskan untuk mencoba dari awal dengan menciptakan blog bermaterikan bahasa Inggris, lalu membuat akun baru di Adsense. Sepertinya ini memang jalan pintas yang praktis, namun ada baiknya pula memperhatikan segi etikanya. Berhubungan dengan Google Adsense sama halnya dengan menyodorkan kontrak bisnis. Tentu ada kesepakatan dan persyaratan yang harus sama-sama dihormati dengan seksama.


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com